Browsing Pendidikan Matematika by Title
Now showing items 174-193 of 641
-
IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 LINTONGNIHUTA
(2022-11-04)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan, penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 3 ... -
Implementasi Pembelajaran Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Disposisi Matematis Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Patumbak
(2024-01-22)Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa pada materi bilangan bulat dikelas VII-7 ... -
IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK
(2024-05-21)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik melalui implementasi pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada materi kesebangunan di SMP N 1 ... -
KELAS VIII DI SMP SWASTA BUDI SETIA PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
(2022-01-18)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel kelas VIII ... -
KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SUNGGAL T.A 2024/2025
(2024-09-27)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi numerasi peserta didik yang ditinjau dari resiliensi matematis peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Sunggal T.A 2024/2025. Penelitian ini menggunakan indikator ... -
Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik pada Materi Segitiga dengan Model Visual Auditori Kinestetik (VAK) di Kelas VII SMP Parulian 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018
(2018-10-03)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajarkan dengan model Visual Auditori Kinestetik (VAK) lebih baik daripada tanpa model Visual Auditori ... -
KomparasiKemampuanKomunikasiMatematisdenganPendekatanContextual Teaching and Learning(CTL) yang diSetting dengan ModelPembelajaran Number Head Together (NHT) dan diSettingdengan Model PembelajaranTeamsGames Tournament (TGT) pada MateriOperasiHitungBentukAljabarKelas VII SMP NEGERI 17 MEDANT.A. 2015/2016
(2016-09-22)Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan CTL yang disetting dengan model pembelajaran NHT dan pendekatan CTL yang disetting dengan ... -
MEMBANGUN SELF-CONFIDENCE MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI ICT UNTUK PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATERI DIMENSI TIGA.
(2022-01-10)Penelitian ini bertujuan untuk Membangun Self Confidence Matematis Peserta Didik Melalui ICT Untuk Pembelajaran Jarak Jauh Pada Materi Dimensi Tiga.. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi ... -
MEMBANGUN SELF-CONFIDENCE PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN T.P 2018/2019
(2018-09-15)Penelitian ini bertujuan untuk membangun Self-Confidence siswa melalui penerapan pendekatan Problem Solving dalam menjawab pertanyaan dan menyelesaikan soal pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di kelas ... -
Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis dan Pemahaman Matematis melalui Model Two Stay Two Stray (TSTS) pada Materi Vektor dalam Ruang Dimensi Dua di Kelas X SMA Negeri 1 Delitua T.P. 2018/2019
(2019-10-07)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatkan kemampuan berfikir kritis matematis dan pemahaman matematis melalui model Two Stay Two Stray (TSTS) pada materi vektor dalam ruang dimensi dua di Kelas ... -
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERPARADIGMA KEARIFAN LOKAL PADA MATERI SPLDV DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BERAMPU T.P. 2018/2019
(2019-10-22)Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berparadigma Kearifan Lokal dapat meningkatan kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif ... -
Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Operasi Bilangan Bulat di Kelas VII SMP Negeri 1 Bahorok T.P. 2019/2020
(2019-10-03)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 ... -
Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Materi SPLDV Di Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan
(2018-10-09)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan pemahaman matematis peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi ajar Sistem Persamaan ... -
Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kreativitas Matematis melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Ilmiah pada Materi Matriks Kelas XI SMA Negeri 1 Pancur Batu T.P. 2019/2020
(2019-09-25)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Ilmiah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan pendekatan ilmiah pada materi matriks. Subjek ... -
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KELAS VIII SMP NASRANI 5 MEDAN T.A 2018/2019.
(2019-10-21)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran dan berpikir kritis peserta didik dengan model penemuan terbimbing berbasis kearifan lokal pda materi luas permukaan kubus dan balok di ... -
Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing dengan Penguatan pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP Negeri 13 Medan T.P. 2019/2020
(2019-09-06)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Penemuan Terbimbing dengan Penguatan dapat meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Medan. ... -
MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMP SWASTA GAJAH MADA MEDAN
(2023-09-02)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model Pembelajaran Creative Problem solving Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Aljabar Kelas VII SMP Swasta Gajah Mada Medan tahun ajaran 2023/ 2024. ... -
P EN GA R U H MOD EL P E MBE LA JA R A N KOOP ERA TI F TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 SUMBUL
(2022-01-18)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi operasi bentuk aljabar di kelas VIII SMP ... -
PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PANGURURAN PADA MATERI SPLDV T.A 2023/2024
(2023-12-04)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ... -
Pembelajaran dengan Model Kooperatif Tipe Jigsaw I dan Pendekatan Ilmiah terhadap Kemampuan Peserta Didik dalam Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah pada Materi Jajargenjang Di Kelas X SMA Negeri 1 Tigalingga T.P. 2018/2019.
(2019-08-28)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mana yang lebih baik diantara pembelajaran yang diajarkan dengan model Kooperatif Tipe Jigsaw I dan Pendekatan Ilmiah terhadap kemampuan peserta didik dalam pemahaman konsep dan ...