• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERPARADIGMA KEARIFAN LOKAL PADA MATERI SPLDV DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BERAMPU T.P. 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Desy Vera Siregar.pdf (419.9Kb)
    Date
    2019-10-22
    Author
    Siregar, Desy Vera
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berparadigma Kearifan Lokal dapat meningkatan kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif matematika peserta didik di kelas VIII SMP N 1 Berampu T.P 2018/2019. Penelitian dilakukan dalam II siklus. Adapun instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes ini terdiri dari tes siklus I dan tes siklus II. Hasil observasi guru dan peserta didik mengalami peningkatan. Dimana pada siklus I rata-rata observasi untuk guru 68,75% dan pada siklus II meningkat menjadi 87,49%. Berdasarkan lembar observasi keaktifan siswa pada pertemuan I pada siklus I, peserta didik yang aktif keseluruhan sebanyak 35%, yaitu 10 siswa yang aktif, 8 siswa yang kurang akti;f dan 12 siswa yang tidak aktif dari 30 siswa, dan apabila dikualitatifkan dalam proses pembelajaran adalah kualifikasi rendah. Jika dibandingkan dengan pertemuan II pada siklus I ada peningkatan, bahwa siswa yang aktif secara keseluruhan sebanyak 54,83%, yaitu 17 siswa yang aktif, 6 siswa yang kurang aktif dan 7 siswa yang tidak aktif dari 30 siswa. Pada siklus I rataan keaktifan siswa sebanyak 45%. Keaktifan siswa pada pertemuan I dan pertemuan II menunjukkan adanya peningkatan, yaitu semakin banyak siswa yang semangat dan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berparadigma kearifan Lokal. Pembelajaran sudah mengalami peningkatan namun peneliti berusaha lagi untuk semakin meningkatkan keaktifan siswa agar proses pembelajaran semakin baik. Dari hasil penelitian siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif matematika peseerta didik dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berparadigma Kearifan Lokal.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2971
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback