Browsing Pendidikan Matematika by Issue Date
Now showing items 1-20 of 662
-
Upaya Meningkatkan Kreativitas Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Pecahan Dengan Model Pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) Di Kelas VII SMP Trisakti 2 Medan
(2013-07-29)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas matematika siswa dengan menerapkan Pembelajaran Kooperatif Tipe Auditory Intelectually Repetition (AIR) di kelas VII SMP Trisakti 2 Medan. Jenis penelitian ini adalah ... -
Penerapan Teknik Probing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP Mardi Lestari Medan Tahun Ajaran 2013/2014
(2014-03-23)Masalah yang terdapat dalam skripsi ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika sehingga seringkali siswa kesulitan dalam memahami dan menjawab soal. Banyaknya teknik pembelajaran menuntut seorang ... -
Hubungan Antara Minat Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Faktorisasi Suku Aljabar di Kelas VIII SMP Swasta HKBP Padang Bulan Medan Tahun Pelajaran 2013/2014.
(2014-03-24)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara minat belajar siswa baik secara sendiri maupun secara bersama-sama dengan prestasi belajar matematika siswa yang diperoleh melalui tes hasil belajar ... -
Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dengan Pembelajaran Konvensional Terhadap Kemampuan Penalaran Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas X SMA Negeri 9 Medan
(2014-03-24)Banyaknya model mengajar menuntut seorang guru menguasai dan memilih model yang tepat sesuai dengan materi pelajaran, kondisi lingkungan dan siswa itu sendiri. Pemilihan model mengajar tersebut bertujuan untuk meningkatkan ... -
Efektivitas Metode Dewey Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batang Kuis Kecamatan Batang Kuis Kabupen Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2013/2014
(2014-03-26)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah yang lebih efektif antara Metode Dewey Problem Based- Learning dengan metode ekspositori terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 ... -
Pengaruh Metode Stop Think Do Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Logaritma Di Kelas X SMA BUDIMURNI 3 Medan T.A. 2013/2014
(2014-03-28)Anggapan siswa bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sulit dipahami, bersifat abstrak, dan membosankan adalah sebagai faktor penyebab hasil belajar siswa masih kurang memuaskan. Oleh karena itu guru perlu mencari ... -
PenerapanStrategi Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa padaPokokBahasanKubus Dan Balok di Kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan TahunAjaran 2013/2014
(2014-03-28)Penelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanatingkatkemampuankomunikasimatematikasiswadenganmenerapkan strategi Think Talk Write (TTW) di kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan.JenisPenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas ... -
Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Demonstrasi dan Metode Inkuiri Pada Materi Bangun Ruang Balok Tahun Ajaran2013/204
(2014-04-26)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar siswa pada proses pembelajaran dengan metode demonstrasi dan metode inkuiri pada pokok bahasan bangun ruang balok kelas VIII SMP Negeri 32 Medan tahun ... -
Pengaruh Metode Pembelajaran Math Magic Way Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Perkalian Bilangan Bulat Di Kelas VII SMP Gajah Mada Medan Tahun Ajaran 2014/22015
(2014-04-27)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran math magic way terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan perkalian bilangan bulat di kelas VII SMP Gajah Mada Medan tahun ... -
PENERAPAN METODE STOP THINK DO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP KATOLIK MARIANA MEDAN T.A. 2013/2014
(2014-06-12)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa setelah diberikan pengajaran dengan menggunakan metode Stop Think Do pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas VIII SMP ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMP Swasta HKBP Girsang Sipangan Bolon Parapat T.A. 2013/2014
(2014-06-27)Dalam proses pembelajaran, sangat penting pemilihan model pembelajaran yang tepat agar siswa dapat belajar efektif dan efisien. Seorang guru harus menguasai dan memilih model yang tepat sesuai dengan materi pembelajaran, ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Ajar Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Kelas X SMA Swasta Bhayangkari Rantauprapat
(2014-07-12)Dalam proses pembelajaran setiap kegiatan harus dapat mendorong siswa agar aktif sehingga dapat memecahkan masalah matematika, maka masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh model pembelajaran ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP Negeri 28 Medan
(2014-07-25)Penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan memberikan perlakuan pada kelompok sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Sedangkan sampel ... -
Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Send A Problem Dengan Pendekatan Konstruktivistik Berbantuan Lks Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di Kelas VII SMP Negeri 35 Medan Tahun Ajaran 2013/2014
(2014-07-27)Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk Mengetahui perbedaan kemampuan memecahkan masalah siswa setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Send A Problem dengan pendekatan ... -
Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is a Teacher Here Terhadap Kemampuan Penalaran Metematika Siswa Pada Materi Logika Matematika di SMK Budi Setia Tahun Ajaran 2013/2014
(2014-07-28)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi pembelajaran aktif Tipe Everyone is a Teacher Here terhadap kemampuan penalaran matematika siswa pada materi logika matematika di SMK Budi Setia Medan ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Hypnoteaching Terhadap Berpikir Kreatif Siswa Pada Pokok Bahasan Kubus Kelas VIII SMP N 10 Medan T.A 2013/2014
(2014-07-29)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Hypnoteaching terhadap berpikir kreatif siswa kelas VIII pada pokok bahasan kubus di SMP Negeri 10 Medan . Populasi penelitian ini adalah ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPELIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN DIKELAS VII SMP SWASTA METHODIST 1 RANTAUPRAPAT T.P 2014/2015
(2014-07-29)Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Apakah ada pengaruh model pembelajaran (active learning) tipe lightening the learning climate untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Aktif (Active Learning) Tipe Quis Team Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pokok Bahasan SPLDV di kelas VIII SMP Negeri 14 Medan Tahun pelajaran 2013/2014. Skripsi , Program Studi Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan.
(2014-08-12)Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Apakah Ada Pengaruh Model Pembelajaran Aktif (Active Learning) Tipe Quis Team terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pokok bahasan SPLDV di ...