• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PenerapanStrategi Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa padaPokokBahasanKubus Dan Balok di Kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan TahunAjaran 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Pahala Fernando.pdf (110.9Kb)
    Date
    2014-03-28
    Author
    SILABAN, Pahala Fernando
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanatingkatkemampuankomunikasimatematikasiswadenganmenerapkan strategi Think Talk Write (TTW) di kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan.JenisPenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas (Classroom Action Research), yang terdiridari 2 siklus.Setiapsiklusterdiridaripermasalahan, perencanaan, pelaksanaan, pengamatandanrefleksi.Alatpengumpul data menggunakanTesKomunikasibentukuraian, ObservasidanWawancara. Subjekdalampenelitianiniadalahkelas VIII-2 yang berjumlah 32 orang.ObjekpenelitianiniadalahkemampuankomunikasimatematikasiswapadapokokbahasanKubus dan Balok denganmenerapkanStrategi Think Talk Write (TTW).Indikatorkeberhasilanpenelitianiniadalahjika ≥ 85% darijumlahseluruhsiswatelahmemperolehnilaiKemampuanKomunikasiMatematika ≥ 65. Sebelumpemberiantindakan, diperolehnilai rata-rata kemampuankomunikasiawalsiswakelas VIII-2 berdasarkanhasiltesawaladalah56,81denganketuntasanklasikal31,25%. Setelahpemberiantindakan I denganmenerapkanStrategi Think Talk Write (TTW), nilai rata-rata TesKemampuanKomunikasi I mencapai68,68denganketuntasanklasikal59,37%,sedangkanhasilobservasisiklus I diperoleh rata-rata kemampuankomunikasisebesar63,12denganketuntasan50%. Karenahasilkemampuankomunikasisecaraklasikalbelummemenuhinilaiketuntasan, makadilanjutkandengansiklus II dandiperolehnilai rata-rata TesKemampuanKomunikasi II sebesar81,18denganketuntasanklasikal87,5%. Sedangkanberdasarkanobservasikomunikasidiperoleh rata-rata kemampuankomunikasisebesar73,28denganketuntasanklasikal87,5%. Dari siklus I kesiklus II terjadipeningkatankemampuankomunikasimatematikamelaluitessebesar12,5danmelaluiobservasisebesar10,16sedangkanketuntasanklasikalmengalamipeningkatansebesar37,5%. DengandemikiandapatdisimpulkanbahwapenerapanStrategi Think Talk Write (TTW) diharapkandapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematikasiswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/464
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback