Pendidikan Matematika
Browse by
Recent Submissions
-
PENGARUH PENGGUNAAN GEOGEBRA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI FUNGSI KUADRAT DI KELAS X SMA N 10 MEDAN T.A 2024/2025
(2025-07)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Geogebra terhadap motivasi belajar peserta didik pada materi fungsi kuadrat. Jenis penelitian yang dgunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatakan ... -
PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI PENYAJIAN DATA DALAM BENTUK DIAGRAM DI KELAS X SMAS KATOLIK MARIANA T.A. 2024/2025
(2025-07)Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi sejauh mana model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berkontribusi terhadap peningkatan keterampilan sosial serta hasil belajar matematika peserta didik. Pokok bahasan ... -
Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Self-efficacy Matematis Siswa pada Materi Peluang di Kelas X SMK Negeri 5 Medan T.A. 2024/2025
(2025-06)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap Self-efficacy matematis siswa pada materi peluang di kelas X SMK Negeri 5 Medan tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian adalah quasi ... -
Efektivitas Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Masalah Untuk Mengatasi Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Peluang di Kelas X SMK Negeri 5 Medan T.A. 2024/2025
(2025-07)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kolaboratif berbasis masalah efektif untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita di kelas X SMK Negeri 5 Medan. Penelitian yang ... -
Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fungsi Kuadrat Di Kelas X Smk Negeri 5 Medan T.A 2024/2025
(2025-07)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran dengan pendekatan saintifik terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi fungsi kuadrat di SMK Negeri 5 Medan 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif ... -
PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADAMATERI FUNGSI KUADRAT DI KELAS X SMK NEGERI 5 MEDAN T.A 2024/2025
(2025-07)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa pada materi fungsi kuadrat di SMK Negeri 5 Medan 2024/2025. Jenis penelitian ... -
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Materi Statistika Melalui Model Problem Based Learning Di Kelas X SMA Swasta HKBP Sidorame Medan T.A 2024/2025
(2025-07)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik di kelas X SMA Swasta HKBP Sidorame Medan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi statistika yaitu ukuran pemusatan data berdasarkan ... -
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT KELAS VII SMP NEGERI 12 MEDAN T.A 2024/2025
(2025-07)Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Kemampuan Literasi Numerasi pada Materi Operasi Bilangan Bulat di SMP Negeri 12 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF SISWA PADA MATERI UKURAN PEMUSATAN DATA DI KELAS X SMAS KATOLIK MARIANA MEDAN T.A. 2024/2025
(2025-06)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning dan numbered heads together terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa pada materi ukuran pemusatan data di kelas X SMAS Katolik Mariana Medan ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF SISWA PADA MATERI UKURAN PEMUSATAN DATA DI KELAS X SMAS KATOLIK MARIANA MEDAN T.A. 2024/2025
(2025-06)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning dan numbered heads together terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa pada materi ukuran pemusatan data di kelas X SMAS Katolik Mariana Medan ... -
Efektivitas Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Fungsi Kuadrat Kelas X Di Smk Negeri 14 Medan
(2025-05)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis siswa pada materi fungsi kuadrat kelas X di smk negeri 14 Medan T.A 2024/2025. ... -
Pembelajaran Dengan Metode Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Swasta Bangun Mulia Pangkalan Berandan
(2025-05)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Inkuri terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi SPLDV di kelas VIII SMP Swasta Bangun Mulia Pangkalan ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF SISWA PADA MATERI UKURAN PEMUSATAN DATA DI KELAS X SMAS KATOLIK MARIANA MEDAN T.A. 2024/2025
(2025-05)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning dan numbered heads together terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa pada materi ukuran pemusatan data di kelas X SMAS Katolik Mariana ... -
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK PADA MATERI STATISTIKA T.A. 2024/2025
(2025-05)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran berdiferensiasi berbasis Augmented Reality (AR) terhadap kemampuan numerasi peserta didik pada materi Statistika di SMAS Nasrani 2 Medan. Jenis penelitian ... -
Pengaruh Strategi Scaffolding Trigger Questions Terhadap Proses Berpikir Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Di Kelas X SMA Negeri 4 Medan T.A. 2024/2025
(2025-05)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Scaffolding Trigger Questions Terhadap Proses Berpikir Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA di Kelas X SMA Negeri 4 Medan T.A. 2024/2025. Jenis penelitian ... -
Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Pemusatan Data di Kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2024/2025
(2025-05)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan efektivitas pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis siswa pada materi pemusatan data di kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei ... -
EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN KUADRAT KELAS VIII SMP NEGERI 5 PERCUT SEI TUAN T.A 2024/2025
(2025-05)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning dalam meningkatkan kemampuan numerasi matematika siswa dalam menyelesaikan soalmateri persamaan kuadrat di kelas VIII SMP Negeri 5 Percut ... -
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN METODE ANALISIS HIRARKI PROSES (AHP) di SMP NEGERI 5 PERCUT SEI TUAN T.A 2024/2025
(2025-05)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar matematika siswa di SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Minat belajar merupakan aspek ... -
Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan Di Kelas VII SMP Negeri 3 Sibolga T.A.2024/2025
(2025-05)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan di kelas VII SMPN 3 Sibolga T.A. 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan ... -
PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA EDPUZZLE TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII DI SMP NEGERI 18 MEDAN T.A 2024/2025
(2025-05)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika berbasis multimedia Edpuzzle terhadap kepercayaan diri dan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi statistika di SMP Negeri 18 Medan tahun ajaran ...