dc.description.abstract | Penelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanatingkatkemampuankomunikasimatematikasiswadenganmenerapkan strategi Think Talk Write (TTW) di kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan.JenisPenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas (Classroom Action Research), yang terdiridari 2 siklus.Setiapsiklusterdiridaripermasalahan, perencanaan, pelaksanaan, pengamatandanrefleksi.Alatpengumpul data menggunakanTesKomunikasibentukuraian, ObservasidanWawancara.
Subjekdalampenelitianiniadalahkelas VIII-2 yang berjumlah 32 orang.ObjekpenelitianiniadalahkemampuankomunikasimatematikasiswapadapokokbahasanKubus dan Balok denganmenerapkanStrategi Think Talk Write (TTW).Indikatorkeberhasilanpenelitianiniadalahjika ≥ 85% darijumlahseluruhsiswatelahmemperolehnilaiKemampuanKomunikasiMatematika ≥ 65.
Sebelumpemberiantindakan, diperolehnilai rata-rata kemampuankomunikasiawalsiswakelas VIII-2 berdasarkanhasiltesawaladalah56,81denganketuntasanklasikal31,25%. Setelahpemberiantindakan I denganmenerapkanStrategi Think Talk Write (TTW), nilai rata-rata TesKemampuanKomunikasi I mencapai68,68denganketuntasanklasikal59,37%,sedangkanhasilobservasisiklus I diperoleh rata-rata kemampuankomunikasisebesar63,12denganketuntasan50%. Karenahasilkemampuankomunikasisecaraklasikalbelummemenuhinilaiketuntasan, makadilanjutkandengansiklus II dandiperolehnilai rata-rata TesKemampuanKomunikasi II sebesar81,18denganketuntasanklasikal87,5%. Sedangkanberdasarkanobservasikomunikasidiperoleh rata-rata kemampuankomunikasisebesar73,28denganketuntasanklasikal87,5%. Dari siklus I kesiklus II terjadipeningkatankemampuankomunikasimatematikamelaluitessebesar12,5danmelaluiobservasisebesar10,16sedangkanketuntasanklasikalmengalamipeningkatansebesar37,5%. DengandemikiandapatdisimpulkanbahwapenerapanStrategi Think Talk Write (TTW) diharapkandapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematikasiswa. | en_US |