• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMP Swasta HKBP Girsang Sipangan Bolon Parapat T.A. 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Vinny Alvionita.pdf (319.4Kb)
    Date
    2014-06-27
    Author
    Sitorus, Vinny Alvionita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam proses pembelajaran, sangat penting pemilihan model pembelajaran yang tepat agar siswa dapat belajar efektif dan efisien. Seorang guru harus menguasai dan memilih model yang tepat sesuai dengan materi pembelajaran, kondisi lingkungan dan siswa itu sendiri. Pemilihan model itu sendiri bertujuan untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki siswa terutama kemampuan penalaran matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran CPS terhadap kemampuan penalaran matematika siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Swasta HKBP Girsang Sipangan Bolon Parapat T.A. 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Swasta HKBP Girsang Sipangan Bolon Parapat yang terdiri dari empat kelas dan yang menjadi sampel penelitian ini diambil secara random sampling yaitu kelas VIII-2 berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa sebesar 83,96, yang artinya nilai kemampuan penalaran matematika siswa kategori baik. Nilai post-test diuji menggunakan uji normalitas menyatakan bahwa populasi berdistribusi normal maka dilanjutkan uji kelinieran regresi yang diperoleh hasilnya dengan menggunakan regresi dimana F_Hitung <〖 F〗_(Tabel )ternyata terima Ha berarti model regresi linier. Setelah itu, pengujian hipotesis dilakukan dengan uji F diperoleh F_Hitung=61,382 >〖 F〗_Tabel=4,28 ternyata terima Ha artinya variabel X mempunyai pengaruh terhadap variabel Y. Selanjutnya, dilakukan uji t ternyata koefisien arah regresinya memiliki hubungan berarti dan memiliki r2 = 72,7%. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran CPS terhadap kemampuan penalaran matematika siswa sebesar 72,7% dijelaskan melalui Y ̂=22,785 + 0,718 X. Sehingga diharapkan model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/335
    Collections
    • Pendidikan Matematika [553]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback