Pembelajaran dengan Model Kooperatif Tipe Jigsaw I dan Pendekatan Ilmiah terhadap Kemampuan Peserta Didik dalam Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah pada Materi Jajargenjang Di Kelas X SMA Negeri 1 Tigalingga T.P. 2018/2019.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mana yang lebih baik diantara pembelajaran yang diajarkan dengan model Kooperatif Tipe Jigsaw I dan Pendekatan Ilmiah terhadap kemampuan peserta didik dalam pemahaman konsep dan pemecahan masalah pada materi jajargenjang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tigalingga yang terdiri dari 8 kelas dengan sampel (n=36). Instrumen yang digunakan adalah tes uraian. Perhitungan analisa data menggunakan uji t Benferoni.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Kooperatif Tipe Jigsaw I lebih baik daripada Pendekatan Ilmiah terhadap kemampuan peserta didik dalam pemahaman konsep dan pemecahan masalah pada materi jajargenjang di kelas X SMA Negeri 1 Tigalingga T.P 2018/2019.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]