• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Materi SPLDV Di Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan

    Thumbnail
    View/Open
    Fitriani Sitohang.pdf (235.5Kb)
    Date
    2018-10-09
    Author
    Sitohang, Fitriani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan pemahaman matematis peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi ajar Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Negeri 37 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 37 Medan yang berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan adal tes dan observasi. Dari hasil analisis data tes hasil belajar diperoleh data tes sebelum penerapan dengan jumlah yang tuntas sebanyak 2 siswa dengan tingkat keberhasilan kemampuan pemahaman matematis peserta didik secara individual rendah mencapai 41,04% dan tingkat kemampuan pemahaman matematis peserta didik secara klasikal sangat rendah mencapai 5,71%, sedangkan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa dengan tingkat keberhasilan kemampuan pemahaman matematis peserta didik secara individual sedang mencapai 60,34% dan tingkat kemampuan pemahamanan matematis peserta didik secara klasikal sedang mencapai 25,71%. Dan pada siklus II sebanyak 28 siswa dengan tingkat keberhasilan kemampuan pemahaman matemamatis peserta didik secara individual sedang mencapai 76,57% dan tingkat kemampuan pemahaman matematis peserta didik secara klasikal tinggi mencapai 80%. nilai rata-rata observasi siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 60,86% dengan kategori cukup aktif dan pertemuan ke-2 adalah 69,54% dengan kategori cukup aktif, sedangkan pada siklus II pertemuan 1 adalah 72,37% dan pertemuan ke-2 adalah 74,80% dalam kategori aktif, sedangkang Nilai rata-rata observasi guru di siklus pertemuan 1 adalah 3.00 dan pada pertemuan ke-2 adalah 3,25 dan mengalami peningkatan disiklus II yaitu pada pertemuan 1 adalah 3.75 kategori sangat baik dan pada pertemuan ke-2 adalah 4,00 dengan kategori sangat baik, Dari hasil penelitian siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (nht) dapat meningkatkan kemampuan pemhaman matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 37 Medan.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1683
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback