Implementasi Pembelajaran Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Disposisi Matematis Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Patumbak
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa pada materi bilangan bulat dikelas VII-7 SMP Negeri 1 Patumbak. Jenis penelitian ini adalah penelitian metode campuran dengan populasi penelitiannya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Patumbak. Dengan menggunakan teknik simple random sampling diperoleh sampel penelitian di kelas VII-7. Instrumen yang digunakan Observasi, Preetest dan Posttest, Angket dan Wawancara. Setelah melaksanakan penelitian, hasil tes berpikir kritis preetest sebelum mendapat perlakuan RME dengan nilai rata-rata 4,0 dan nilai rata- rata posttest setelah diberi perlakuan RME adalah 8,2 berarti sebaiknya menggunakan metode pembelajaran RME karena dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa.
Berdasarkan hasil perhitungan rat-rata N-Gain diperoleh sebesar 0,6 berdasarkan kategori N-
Gain pada rentang nilai 0,30 ≤ g ≤ 0,70 sehingga dapat disimpulkan berkategori sedang.
Simpulan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran RME
dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa
Collections
- Pendidikan Matematika [662]