KomparasiKemampuanKomunikasiMatematisdenganPendekatanContextual Teaching and Learning(CTL) yang diSetting dengan ModelPembelajaran Number Head Together (NHT) dan diSettingdengan Model PembelajaranTeamsGames Tournament (TGT) pada MateriOperasiHitungBentukAljabarKelas VII SMP NEGERI 17 MEDANT.A. 2015/2016
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan CTL yang disetting dengan model pembelajaran NHT dan pendekatan CTL yang disetting dengan model pembelajaran TGT pada materi operasi hitungbentukaljabar. Maka untuk mencapai tujuan tersebut peneliti mengambil populasi dan sampel dari SMP Negeri 17 Medan, populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 17 Medan, kelas dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas VII6sebagai kelas eksperimenI (menggunakan CTL disetting NHT) dan kelaseksperimenII VII5 ( CTL yang disetting TGT).
Dari hasil uji normalitas data post test kelas eksperimenI diperoleh 0,156 > 0,1401 (Ltabel> Lhitung) dan dari kelas eksperimenII diperoleh 0,156 > 0,093 (Ltabel> Lhitung) sehingga disimpulkan data post test kedua kelas adalah normal. Kemudiandari data ujiHipotesisuntuk α = 0,05dan n= 32 diperoleh = = 1,999dan thit = 2,002ternyata atau 2,002 > 1,999. Sehingga, Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis kedua kelas berbeda. Maka, dapat disimpulkan bahwaadaperbedaankemampuankomunikasimatematis yang diajarmenggunakan pendekatan CTL yang disettingdengan model pembelajaranNHTdan pendekatan CTL yang disettingdengan model pembelajaranTGT.SehinggadiharapkanpendekatanCTL yang disettingdengan model pembelajaranNHTdapatditerapkandisekolah-sekolahdanmenjadikanpendekatanCTL yang disettingdengan model pembelajaranNHT menjadisalahsatualternatif dalammeningkatkan kemampuan komunikasimatematis.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]