MEMBANGUN SELF-CONFIDENCE PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN T.P 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membangun Self-Confidence siswa melalui penerapan pendekatan Problem Solving dalam menjawab pertanyaan dan menyelesaikan soal pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan T.P 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas ( PTK ) dengan subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-4 SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan semester ganjil T.P 2018/2019 yang berjumlah 35 orang. Adapun instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan observasi. Angket ini terdiri dari angket siklus I dan silkus II. Hasil angket tersebut dikumpul dan dikelola dengan indikator yang digunakan apabila ≥ 80 % dari seluruh peserta didik telah memperoleh skor total angket minimal sedang yaitu pada interval 2 ≤ x < 3 maka Self – Confidence peserta didik dikatakan meningkat dan hipotesis tindakan diterima.
Dari hasil penelitian dua siklus tersebut, diperoleh data angket pada siklus I terdapat 9 peserta didik dalam kategori rendah, 11 peserta didik dengan kategori sedang, dan 15 peserta didik dengan kategori tinggi dengan skor total angket skala kepercayaan dirinya adalah 2,68. Pada siklus II tidak ada lagi peserta didik dalam kategori rendah, 11 peserta didik dengan kategori sedang, dan terdapat 24 peserta didik dengan kategori tinggi dengan skor total angket skala kepercayaan dirinya adalah 3,10. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan Self – Confidence peserta didik pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan Problem Solving dapat membangun Self – Confidence peserta didik di kelas VIII-4 SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) T.P 2018/2019.
Collections
- Pendidikan Matematika [641]