KELAS VIII DI SMP SWASTA BUDI SETIA PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel kelas VIII di SMP Swasta Budi Setia. Adapun Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas VIII di SMP Swasta Budi Setia, dengan sampel yang terdiri dari 30 orang yaitu siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan instrumen berupa tes uraian yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta respon lembar observasi peserta didik. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi untuk kemampuan pemecahan masalah matematis : .Pada persamaan regresi kemampuan komunikasi tersebut diperoleh nilai b bertanda positif, artinya kedua variabel mempunyai hubungan linear yang positif. Untuk uji kelinearan regresi post-test kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh dengan nilai . Dengan demikian maka Ha diterima sehingga terdapat hubungan yang linear antara model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Kemudian untuk uji keberartian regresi antara X dan Y diperoleh dengan nilai tabel maka Ha diterima sehingga terdapat pengaruh yang linear antara model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) (X) dengan kemampuan pemecahan masalah matematis (Y). Berdasarkan hasil analisis uji kelinearan dan uji keberartian regresi, dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel kelas VIII di SMP Swasta Budi Setia. Sehingga diharapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]