IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik melalui implementasi pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada materi kesebangunan di SMP N 1 Sei Bingai. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis & Mc Taggart yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, setiap siklusnys terdiri dari beberapa tahap yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-4 SMP N 1 Sei Bingai dengan jumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik, tes kemampuan pemahaman konsep matematis, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis hasil observasi guru, peserta didik dan analisis hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada materi kesebangunan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Perolehan ketuntasan belajar secara klasikal peserta didik di akhir siklus I mencapai persentase 15,625% kemudian meningkat diakhir siklus II menjadi 71,875%. Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dari awal siklus I sampai dengan siklus II berada pada kelompok medium dengan rata-rata N-Gain 0,407. Hasil observasi guru mencapai kriteria sangat baik diakhir siklus II dengan rata-rata 95% dan hasil observasi peserta didik diakhir siklus II mencapai kriteria baik dengan rata-rata 76,093%.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]