Pendidikan Matematika: Recent submissions
Now showing items 541-560 of 689
-
Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Siswa Kelas Vii SMP HKBP Sidorame Medan T.A 2014/2015
(2015-05-04)Latar belakang yang mendiring penelitain ini adalah hasil belajar matematika yang masih tergolong rendah, karena siswa saat belajar matematika biasanya merasa bosan dan tidak focus dengan aoa yang dijelaskan, siswa berpendapat ... -
Penerapan model pembelajaran resource based leaarning (RBL) dengan memanfaatkan media lingkungan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi kesebanguan dan kekongruenan kelas IX SMP HKBP Pardamean Medan
(2015-08-26)Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dengan memanfaatkan media lingkungan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi kesebangunan dan ... -
Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Treffinger Pada Materi Pokok Prisma dan Limas SMP Budi Murni 3 Medan
(2015-08-26)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Budi Murni 3 Medan, khususnya pada materi bangun ruang Prisma dan Limas melalui pembelajaran dengan model Treffinger. Penelitian ... -
Pengaruh Pembelajaran Metode Improve Dengan Menggunakan Media Visual PowerPoint Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Kubus di Kelas VIII SMP Dharma Bakti Medan Tahun Ajaran 2015/2016
(2016-09-22)Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah hasil belajar matematika yang masih tergolong masih rendah, karena siswa saat belajar matematika biasanya merasa bosan dan tidak fokus dengan apa yang dijelaskan, siswa ... -
Pengaruh Metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) yang didukung Teori Belajar Bruner terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika siswa pada Pokok Bahasan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 24 Medan Tahun Ajaran 2014/2015
(2015-08-26)Sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku, setiap matapelajaran, termasuk matematika, siswa diharapkan mampu mengakumulasi pengetahuan dan mencapai kompetensi, yakni perpaduan pengetahuan, sikap serta keterampilan yang ... -
Penerapan Teori Ausubel Dengan Menggunakan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan T.A. 2014/2015
(2015-08-27)Sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku, setiap mata pelajaran termasuk mata pelajaran matematika, siswa diharapkan mampu mengakumulasi pengetahuan dan mencapai kompetensi, yakni perpaduan pengetahuan, sikap serta ... -
Penerapan Metode Pembelajaran IMPROVE untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 24 Medan Tahun Ajaran 2014 / 2015
(2015-08-26)Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode pembelajaran IMPROVE dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Subjek dalam ... -
Pengaruh Model Think Pair Share (TPS) dengan Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII Pada Pokok Bahasan Belah Ketupat dan Layang-layang di SMP Negeri 18 Medan T.P 2014/2015.
(2015-07-25)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan menggunaka media audio visual terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII pada pokok bahasanbelah ... -
Pengaruh model pembelajaran Trade A Problem dengan Reward terhadap kemampuan komunikasi siswa pada materi Sisitem Persamaan Linier Dua Variabel dikelas VIII SMP Dharma Bakti Padang Bulan
(2015-09-15)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Trade A Problem terhadap kemampuan komunikasi siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Di Kelas VIII SMP Dharma Bakti Padang ... -
Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individually) pada materi Persamaan Linear Satu Variabel (PSLV) dengan menggunakan Alat Peraga Kartu Variabel di kelas VII SMP Negeri 18 Medan Tahun Ajaran 2015/2016
(2015-09-20)Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan apa saja yang dihadapi siswa dalam mempelajari materi aljabar dan upaya-upaya ... -
Pengaruh Model Pengajaran Langsung Melalui Advance Organizer (Adnan) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Teorema Phytagoras Di Kelas VIII SMP Negeri 18 Medan T.A 2014/2015.
(2015-08-26)Advance Organizer (Adnan) adalah sebuah informasi yang disajikan sebelum pembelajaran yang dapat digunakan oleh peserta didik untuk menyusun dan menafsirkan informasi baru masuk. Latar belakang yang mendorong penelitian ... -
Penerapan model pembelajaran Joyfull Learning dengan pendekatan bermain diluar kelas untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 2 Tapian Nauli T.A 2014/2015
(2015-08-26)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan model dan Untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan Penerapan model ... -
Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Di Kelas VII Smp Swasta Tenera Langkat T.A 2014/2015.
(2015-08-29)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan di kelas dengan pengamatan dan melakukan refleksi sebagai bahan dasar untuk rancangan pebeajaran berikutnya. Pelaksaan dilakukan sebayak 2 kali putaran ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Feedback Partner (Umpan Balik) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP Negeri 1 Bor-bor T.A 2014/2015.
(2015-08-21)Berdasarkan tujuan penelitian yang ingin dicapai penulis yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Feedback Partner (umpan balik) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada pokok bahasan Sistem ... -
Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Open Ended Dengan Menggunakan Media Visual (Power Point) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Segitiga Kelas VII SMP Negeri 18 Medan
(2015-07-15)Pendekatan open ended adalah pendekatan yang menyajikan suatu permasalahan yang memiliki metode atau penyelesaian yang benar lebih dari satu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan ... -
Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Self Directed Learning Dengan Menggunakan Media Visual (power point) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Kubus SMP Negeri 18 Medan T.P 2014/2015.
(2015-07-29)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan pembelajaran Self Directed Learning dengan menggunaka media visual (power point) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII-6 pada ... -
Perbandingan Kemampuan Kreativitas Matematika Siswa Yang Diajar Dengan Menggunakan Metode Guided Discovery dan Metode Course Review Horay Pada Pokok Bahasan Lingkaran Di Kelas VIII SMP Negeri 17 Medan
(2016-09-22)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbandingan Kemampuan Kreativitas Matematka Siswa yang Diajar dengan Menggunakan Metode Guided Discovery dan Metode Course Review Horay pada Pokok Bahasan Lingkaran di Kelas VIII ... -
Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Silahisabungan Melalui Model Pembelajaran ARIAS Pada Pokok Bahasan Kubus T.A 2014/2015
(2015-08-21)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Silahisabungan dapat meningkat melalui model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, ... -
Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa yang Diajarkan Menggunakan Pendekatan Metakognitif Diabantu Petakonsep dengan Siswa yang Diajarkan dengan Pendekatan Problem Possing Berbasis LKS di kelas VIII SMP Negeri I Tanah Pinem
(2016-08-23)Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah kemampuan berfikir kreatif siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan Metakognitif dibantu Petakonsep lebih baik daripada kemampuan berfikir kreatif siswa yang diajarkan ... -
PengaruhStrategiPembelajaranBrain Based LearningTerhadapPeningkatan kemampuanKomunikasidanKreativitasSiswaPadaPokokBahasan Himpunan Di Kelas VII SMP Swasta HKBP Belawan T.A 2016/2017
(2016-09-23)Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruh strategi pembelajaran Brain Based Learningterhadappeningkatankemampuankomunikasisiswadan kreativitas siswa pada pokok bahasan himpunan di kelas VIII SMP Swasta HKBP BelawanT.A ...