• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pembelajaran Metode Improve Dengan Menggunakan Media Visual PowerPoint Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Kubus di Kelas VIII SMP Dharma Bakti Medan Tahun Ajaran 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    Nopri Sihite.pdf (477.7Kb)
    Date
    2016-09-22
    Author
    Sihite, Nopri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah hasil belajar matematika yang masih tergolong masih rendah, karena siswa saat belajar matematika biasanya merasa bosan dan tidak fokus dengan apa yang dijelaskan, siswa berpendapat bahwa matematika adalah pelajaran yang sangat membosankan penuh dengan rumus dan soal-soal yang sulit dimengerti, oleh karena itu guru menggunakan pembelajaran metode improve agar pengetahuan yang dimiliki dapat ditangkap, dan dipelajari oleh siswa karena dengan pembelajaran tersebut siswa akan diarah untuk menggukan alat indra (visual, auditori dan kinestetik) sehingga pembelajaran semakin mudah untuk dipahami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran metode improve dengan menggunakan media visual power point terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang kubus di kelas VIII SMP Dharma Bakti Medan T.A 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode equasi eksperimen dengan desain penelitian one shot case study. Populasi dari penelitian adalah berjumlah 6 kelas yang terdiri dari 180 siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling pada siswa kelas VIII. Pengumpulan data diberikan setelah diberi perlakuan diperoleh nilai tes kemampuan komunikasi matematika pada pokok bahasan bangun ruang kubus. Tes yang diberikan terdiri dari 8 soal bentuk uraian. Berdasarkan nilai observasi dan nilai kemampuan komunikasi matematika siswa diperoleh persamaan regresi, Y ̂ = 28.996 + 0.668 X, artinya setiap kenaikan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran metode improve sebesar 1 satuan akan meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa sebesar 0,668 satuan. Dan hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh r2 = 85,864% artinya pengaruh pembelajaran metode improve sebesar 85,864% sedangkan sisanya sebesar 14.136% dipengaruhi oleh faktor lain dan dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran metode improve dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningktakan kemampuan komunikasi matematika siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/498
    Collections
    • Pendidikan Matematika [687]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback