Show simple item record

dc.contributor.authorSihite, Nopri
dc.date.accessioned2018-03-15T02:50:57Z
dc.date.available2018-03-15T02:50:57Z
dc.date.issued2016-09-22
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/498
dc.description.abstractLatar belakang yang mendorong penelitian ini adalah hasil belajar matematika yang masih tergolong masih rendah, karena siswa saat belajar matematika biasanya merasa bosan dan tidak fokus dengan apa yang dijelaskan, siswa berpendapat bahwa matematika adalah pelajaran yang sangat membosankan penuh dengan rumus dan soal-soal yang sulit dimengerti, oleh karena itu guru menggunakan pembelajaran metode improve agar pengetahuan yang dimiliki dapat ditangkap, dan dipelajari oleh siswa karena dengan pembelajaran tersebut siswa akan diarah untuk menggukan alat indra (visual, auditori dan kinestetik) sehingga pembelajaran semakin mudah untuk dipahami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran metode improve dengan menggunakan media visual power point terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang kubus di kelas VIII SMP Dharma Bakti Medan T.A 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode equasi eksperimen dengan desain penelitian one shot case study. Populasi dari penelitian adalah berjumlah 6 kelas yang terdiri dari 180 siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling pada siswa kelas VIII. Pengumpulan data diberikan setelah diberi perlakuan diperoleh nilai tes kemampuan komunikasi matematika pada pokok bahasan bangun ruang kubus. Tes yang diberikan terdiri dari 8 soal bentuk uraian. Berdasarkan nilai observasi dan nilai kemampuan komunikasi matematika siswa diperoleh persamaan regresi, Y ̂ = 28.996 + 0.668 X, artinya setiap kenaikan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran metode improve sebesar 1 satuan akan meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa sebesar 0,668 satuan. Dan hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh r2 = 85,864% artinya pengaruh pembelajaran metode improve sebesar 85,864% sedangkan sisanya sebesar 14.136% dipengaruhi oleh faktor lain dan dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran metode improve dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningktakan kemampuan komunikasi matematika siswa.en_US
dc.subjectPembelajaran Metode Improveen_US
dc.subjectMedia visual powerpointen_US
dc.subjectKomunikasien_US
dc.subjectBangun Ruang Kubusen_US
dc.titlePengaruh Pembelajaran Metode Improve Dengan Menggunakan Media Visual PowerPoint Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Kubus di Kelas VIII SMP Dharma Bakti Medan Tahun Ajaran 2015/2016en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record