Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Open Ended Dengan Menggunakan Media Visual (Power Point) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Segitiga Kelas VII SMP Negeri 18 Medan
Abstract
Pendekatan open ended adalah pendekatan yang menyajikan suatu permasalahan yang memiliki metode atau penyelesaian yang benar lebih dari satu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan pembelajaran open ended dengan menggunakan media visual (power point) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi segitiga Kelas VII SMP Negeri 18 Medan T.A 2014/ 2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 18 Medan T.A 2014/2015 yang terdiri dari sembilan kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VII-3 yang berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah tes dalam bentuk uraian yang berjumlah 4 butir soal. Dengan menggunakan uji Lilliefors untuk menguji normalitas data skor pemecahan masalah matematika siswa diperoleh LHitung = 0.1449 jika dibandingkan untuk pada taraf signifikan ternyata maka kemampuan pemecahan masalah siswa tersebut berdistribusi normal. Hasil uji regresi diperoleh Fhitung = 14.76 dan ternyata , sehingga persamaan regresi dinyatakan berarti pada taraf signifikan . Pada uji linieritas regresi diperoleh dan maka , sehingga persamaan regresi dinyatakan linear dan berarti. Dari hasil uji linieritas dan keberartian regresi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran open ended dengan menggunakan media visual (power point) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi segitiga SMP Negeri 18 Medan. Kontribusi pendekatan pembelajaran open ended dengan menggunakan media visual (power point) terhadapa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam pembelajaran matematika pada materi segitiga sebesar 44.24% dijelaskan melalui hubungan .
Collections
- Pendidikan Matematika [662]