• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Open Ended Dengan Menggunakan Media Visual (Power Point) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Segitiga Kelas VII SMP Negeri 18 Medan

    Thumbnail
    View/Open
    Maya Sari.pdf (365.3Kb)
    Date
    2015-07-15
    Author
    SIMANGUNSONG, Maya Sari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendekatan open ended adalah pendekatan yang menyajikan suatu permasalahan yang memiliki metode atau penyelesaian yang benar lebih dari satu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan pembelajaran open ended dengan menggunakan media visual (power point) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi segitiga Kelas VII SMP Negeri 18 Medan T.A 2014/ 2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 18 Medan T.A 2014/2015 yang terdiri dari sembilan kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VII-3 yang berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah tes dalam bentuk uraian yang berjumlah 4 butir soal. Dengan menggunakan uji Lilliefors untuk menguji normalitas data skor pemecahan masalah matematika siswa diperoleh LHitung = 0.1449 jika dibandingkan untuk pada taraf signifikan ternyata maka kemampuan pemecahan masalah siswa tersebut berdistribusi normal. Hasil uji regresi diperoleh Fhitung = 14.76 dan ternyata , sehingga persamaan regresi dinyatakan berarti pada taraf signifikan . Pada uji linieritas regresi diperoleh dan maka , sehingga persamaan regresi dinyatakan linear dan berarti. Dari hasil uji linieritas dan keberartian regresi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran open ended dengan menggunakan media visual (power point) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi segitiga SMP Negeri 18 Medan. Kontribusi pendekatan pembelajaran open ended dengan menggunakan media visual (power point) terhadapa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam pembelajaran matematika pada materi segitiga sebesar 44.24% dijelaskan melalui hubungan .
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/484
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback