• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Silahisabungan Melalui Model Pembelajaran ARIAS Pada Pokok Bahasan Kubus T.A 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    Lennyanti Sigalingging.pdf (298.5Kb)
    Date
    2015-08-21
    Author
    Sigalingging, Lennyanti.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Silahisabungan dapat meningkat melalui model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) T.A.2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yakni, (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling yaitu kelas VIII-2 yang berjumlah 30 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan butir-butir angket motivasi belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Silahisabungan melalui model pembelajaran ARIAS. Hal ini dapat dilihat pada hasil skor akhir observasi aktivitas guru meningkat dari 82,03 (baik) pada siklus I menjadi 86,71 (baik) pada siklus II. Begitu pula hasil skor akhir observasi aktivitas siswa meningkat dari skor 73,9 (rendah) pada siklus I menjadi 84,09 (baik) pada siklus II. (2) Penerapan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang terlihat pada peningkatan nilai rata-rata hasil angket motivasi belajar siswa pada pra siklus adalah 59,8 (motivasi sangat rendah); siklus I sebesar 76,07 (motivasi tinggi) dan siklus II sebesar 82,9 (motivasi tinggi). Presentase peningkatan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi atau sangat tinggi sebesar 56,7% dari nilai awal sebelum dilakukannya siklus sebesar 0%, siklus I sebesar 56,7% dan siklus II sebesar 90%. Dari data diatas, diketahui bahwa indikator keberhasilan telah tercapai sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Silahisabungan.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/479
    Collections
    • Pendidikan Matematika [687]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback