PengaruhStrategiPembelajaranBrain Based LearningTerhadapPeningkatan kemampuanKomunikasidanKreativitasSiswaPadaPokokBahasan Himpunan Di Kelas VII SMP Swasta HKBP Belawan T.A 2016/2017
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruh strategi pembelajaran Brain Based Learningterhadappeningkatankemampuankomunikasisiswadan kreativitas siswa pada pokok bahasan himpunan di kelas VIII SMP Swasta HKBP BelawanT.A 2016/2017. Dimana yang menjadisampelterdiridari29 orang yaitusiswakelas VII-2. Penelitianinimenggunakanmetodeeksperimendenganinstrumenberupates.
Berdasarkanhasil penelitian StrategipembelajaranBrain Based Learning terhadappeningkatankemampuan komunikasi diperoleh persamaan regresinya Ŷ1 = 49584.59 + 0.918X, sedangkan strategipembelajaranBrain Based Learning terhadap kreativitaspersamaan regresinya Ŷ2 = 485132.19 + 0.524X. Dari hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh rhitung = 0.862556 artinya bahwa terdapat hubungan yang kuat antara strategi pembelajaran Brain Based Learningterhadap kemampuan komunikasi , dan pada strategi pembelajaran Brain Based Learning terhadapkreativitassiswaterdapat hubungan yang cukup kuat dengan rhitung = 0.411. Hasil perhitungan koefisisen determinasi pada kemampuan komunikasi diperoleh r^2= 30.3% yang berarti bahwa pengaruh strategi pembelajaran Brain based Learningadalah sebesar 30.3%, dan pada kemampuankomunikasi diperoleh r^2= 42.9% yang berati bahwa pengaruh strategi pembelajaran Brain Based Learningadalah sebesar 42.9%, sehingga terdapatpengaruhstrategipembelajaranBrain Based Learning terhadap kemampuan komunikasidankreativitassiswa. DengandemikianstrategipembelajaranBrain Based Learning dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatakan kemampuan komunikasi dan kreativitas siswa.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]