Pengaruh Model Think Pair Share (TPS) dengan Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII Pada Pokok Bahasan Belah Ketupat dan Layang-layang di SMP Negeri 18 Medan T.P 2014/2015.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan menggunaka media audio visual terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII pada pokok bahasanbelah ketupat dan layang-layang di SMP Negeri 18 Medan T.P 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VII-5 yang berjumlah 40 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa adalah tes dalam bentuk uraian yang berjumlah 5 butir soal. Dengan menggunakan uji Lilliefors untuk menguji normalitas data skor kemampuan komunikasi matematika siswa diperoleh Lhitung = 0,0838 jika dibandingkan Ltabel = 0,140089 untuk pada taraf signifikan ternyata maka kemampuan komunikasi matematika siswa tersebut berdistribusi normal. Hasil uji signifikasi regresi model Think Pair Share (TPS) dengan menggunakan media audio visual terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa diperoleh Fhitung = 32,9517dan ternyata , sehingga persamaan regresi dinyatakan berarti pada taraf signifikan . Pada uji linieritas regresi diperoleh dan maka , sehingga persamaan regresi dinyatakan linear. Dari hasil uji linieritas regresi dan uji keberartian regresi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Think Pair Share (TPS) dengan menggunakan media audio visual terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa yang memberikan kontribusi sebesar 46,4% dijelaskan melalui hubungan dan nilai koefisien korelasinya sebesar
Collections
- Pendidikan Matematika [662]