Pendidikan Matematika: Recent submissions
Now showing items 481-500 of 689
-
Efektivitas Pembelajaran Model Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 17 Medan T.A 2018 / 2019
(2018-09-25)Menurut Siahaan (2016) mengungkapkan bahwa bidang pendidikan mempunyai tujuan untuk membelajarkan peserta didik dalam memecahkan berbagai permasalahan, baik permasalahan yang bersifat matematis, fisis, kesehatan, sosial ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHANMASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL KELAS X SMK SWASTA JAMBI MEDAN T.P. 2018/2019
(2018-10-10)Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang dapat menjadikan manusia untuk berfikir logis, teoritis, rasional, dan percaya diri. Oleh karena itu matematika harus dipelajari dan dikuasai oleh segenap warga negara ... -
Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning(CTL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Persegi Dan Persegi Panjang Di Kelas VII SMP Methodist 12 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018.
(2018-08-05)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan model pembelajaran contextual teaching and learning pada submateri Persegi dan Persegi Panjang di kelas VII SMP ... -
UpayaMeningkatkanKemampuanKomunikasiMatematikaSiswa denganPenerapanStrategiPembelajaranThink Talk Writepada Materi Program Linear di Kelas XI SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.P 2018/2019
(2018-10-01)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakahPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dapat Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Program Linear. ... -
PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI MATRIKS DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 BAHOROK TAHUN PELAJARAN 2017/2018
(2018-10-03)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan tipe Jigsaw dan manakah model pembelajaran kooperatif yang lebih ... -
Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Matematika Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Ajar Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV)
(2018-08-18)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematika peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) pada materi ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Sistem Koordinat Kartesius di Kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Khalifah T. P. 2018/2019
(2018-09-22)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran problem based instruction terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada materi sistem koordinat ... -
PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI BILANGAN PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDAR KHALIFAH T.P. 2018/2019
(2018-10-11)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi bilangan pecahan di kelas VII SMP ... -
Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Pada Materi Operasi Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 22 Medan T.P 2018/2019
(2018-10-12)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan realistic mathematics education terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi operasi aljabar di kelas VIII SMP N 22 Medan T. P ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Pada Materi Balok Di Kelas VIII SMP N 2 Kualuh Selatan T. P. 2017/2018.
(2018-09-27)Penelitian ini bertujuan untuk megetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi balok di kelas VIII SMP N 2 kualuh selatan ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Take And Give Berbantu Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematika PesertaDidik Pada Pokok BahasanBilangan BulatDi Kelas VII SMP Negeri 3 PercutSei Tuan
(2018-10-03)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Take and Give berbantu media pembelajaran terhadap pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi peserta didik pada pokok bahasan bilangan bulat di kelas ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantu Media Peta Konsep Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 5 Medan T.P.2018/2019
(2018-10-01)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantu media peta konsep terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemahaman matematis peserta didik Kelas X SMA Negeri 5 ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Pada Materi Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, dan Pembagian. Di Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019.
(2018-10-08)Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-experiment research) dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa/i kelas VIII SMP Negeri 37 Medan T.P. 2018/2019. Dimana pengambilan sampel dari populasi dilakukan ... -
Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Structured Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Berpikir Kreatif Matematika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 5 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019
(2018-10-10)Pendekatan pembelajaran structured problem posing untuk membuat soal yang terstruktur ataupun mengajukan suatu pertanyaan, tetapi mencari penyelesaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh pendekatan ... -
Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik pada pokok bahasan Segitiga kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. 2017/2018
(2018-10-08)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi ... -
PengaruhModelContextual Teaching And Learning (CTL) terhadapKemampuanPemahamanKonsepdanPenalaranMatematisSiswa PadaMateriSegitiga di Kelas VII SMP Nasrani 5 Medan T.P. 2017/2018
(2018-10-03)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Segitiga di Kelas VII SMP Nasrani 5 Medan T.P. ... -
Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa dengan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Make A Match pada Materi Bilangan Rasional Kelas VII SMP Negeri 1 Bandar Khalifah T.P. 2018/2019
(2018-10-03)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative tipe Make A Match terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi bilangan rasional ... -
PENGARUH STRATEGI THINK-TALK-WRITE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KREATIVITAS MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP NEGERI 37MEDAN T.A 2018/2019
(2018-09-12)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan pemahaman konsep ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemahaman Matematis Peserta Didik Di Kelas XI SMA
(2018-10-08)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemahaman matematis peserta didik di kelas XI SMA. Populasi penelitian ini ... -
Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 11 Medan T.P. 2018/2019
(2018-09-12)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan mengenai rendahnya kemampuan kreativitas matematika peserta didik khususnya dalam pembelajaran SPLDV. Sehingga diberikan metode penemuan terbimbing (guided discovery) ...