Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning(CTL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Persegi Dan Persegi Panjang Di Kelas VII SMP Methodist 12 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan model pembelajaran contextual teaching and learning pada submateri Persegi dan Persegi Panjang di kelas VII SMP Methodist 12 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom Action Research). subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Methodist 12 Medan yang berjumlah 35 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning pada submateri persegi dan persegi panjang di kelas VII SMP Methodist 12 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada setiap siklus diterapkan model pembelajaran contextual teaching and learning.
Berdasarkan hasil analisis observasi aktivitas belajar siswa, pada siklus I diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 55.87% (kategori aktif), sedangkan pada siklus II sebesar 70.25 % (kategori aktif). Hasil analisis tes kemampuan pemecahan masalah siswa, pada siklus I diperoleh 45.72% siswa yang mendapatkan nilai ≥65 yaitu ada 16 siswa dan 54.28% siswa yang mendapat nilai ≤65% yaitu ada 19 siswa, sedangkan pada siklus II diperoleh 91.43% siswa yang mendapatkan nilai ≥65 yaitu ada 32 siswa dan 8.57% siswa yang mendapatkan nilai ≤65% ada 3 siswa. Terjadi peningkatan persentase kemampuanpemecahanmasalahmatematika siswa sebesar 45.71% .
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematikasiswa dengan model pembelajaran Contextual Teaching and learning (CTL) pada materi Persegi dan persegi Panjang di kelas VII SMP Methodist 12.
Collections
- Pendidikan Matematika [625]