Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Pada Materi Balok Di Kelas VIII SMP N 2 Kualuh Selatan T. P. 2017/2018.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk megetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi balok di kelas VIII SMP N 2 kualuh selatan T.P 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi penelitian yaitu, seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 2 Kualuh Selatan T. P. 2017/2018. Dengan teknik Simple Random Sampling, diperoleh kelas VIII-1 sebagai sampel penelitian.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari observasi peserta didik sebesar 85,433 artinya siswa aktif mengikuti pembelajaran, sedangkan nilai rata-rata untuk post-test adalah 80,333. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh: Y ̂ = 9,477 + 0,835X, dari perhitungan diperoleh b bernilai positif sebesar 0,835, artinya kedua variabel tersebut mempunyai hubungan linear yang positif. Pada uji keberartian regresi diperoleh, F_hitung > F_tabel atau 28 > 4,20, artinya terdapat keberartian yang berarti antara model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh r^2 = 70,58%, yang artinya adanya besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik sebesar 70,58% dan sisanya 29,42% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik di kelas VIII SMP N 2 Kualuh Selatan T. P. 2017/2018, sehingga diharapkan dengan model Make a Match ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]