• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 11 Medan T.P. 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Chaterine A.R. Siahaan.pdf (560.1Kb)
    Date
    2018-09-12
    Author
    Siahaan, Chaterine A. Rosangelica
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan mengenai rendahnya kemampuan kreativitas matematika peserta didik khususnya dalam pembelajaran SPLDV. Sehingga diberikan metode penemuan terbimbing (guided discovery) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan metode penemuan terbimbing (guided discovery) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik pada materi SPLDV kelas X SMK Negeri 11 Medan T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasinya yaitu seluruh siswa kelas X SMK Negeri 11 Medan. Dengan teknik simple random sampling diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (X-C). Instrumen yang digunakan adalah post-test dan lembar observasi peserta didik. Dari uji analisis regresi diperoleh persamaan regresi Y ̂=32,130+0,689X. Dari uji kelinearan regresi diperoleh Fhitung < Ftabel atau -3,979 < 2,59 dan uji keberartian regresi diperoleh 144,449 > 4,16. Berdasarkan uji kelinearan dan keberartian regresi disimpulkan bahwa ada pengaruh yang berarti antara metode penemuan terbimbing (guided discovery) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Dari keberartian koefisien diperoleh thitung > ttabel atau 11,995 > 2,04 maka H0 ditolak dan H1 diterima, maka ada hubungan yang berarti pada metode penemuan terbimbing (guided discovery) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Perhitungan koefisien korelasi diperoleh r = 0,907 artinya terdapat hubungan yang sangat kuat antara metode penemuan terbimbing (guided discovery) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Kemudian koefisien determinasi r2= 0,82331 atau 82,331% yang artinya berpikir kreatif matematis peserta didik dipengaruhi oleh indikator metode penemuan terbimbing (guided discovery) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik sebesar 82,331%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode penemuan terbimbing (guided discovery) dapat diterapkan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik khususnya dalam pembelajaran SPLDV di kelas X SMK.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1657
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback