UpayaMeningkatkanKemampuanKomunikasiMatematikaSiswa denganPenerapanStrategiPembelajaranThink Talk Writepada Materi Program Linear di Kelas XI SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.P 2018/2019
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakahPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dapat Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Program Linear. Penelitianini adalah siswa kelas XI dengan jumlah 30 orang.
Dari hasil analisis data tes hasil belajar diperoleh data tes sebelum penerapan dengan jumlah yang tuntas sebanyak 13 siswa dengan tingkat keberhasilan kemampuan komunikasi siswa secara individual rendah mencapai 43,33% dantingkat kemampuan komunikasi siswa secara klasikal sangat rendah mencapai 52,03%, sedangkan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 18 siswadengantingkat keberhasilan kemampuan komunikasi siswa secara individual sedang mencapai 63,70%% dan tingkat kemampuan komunikasisiswa secaraklasikal sedang mencapai60%.dan pada siklus II sebanyak 25 siswa dengantingkat keberhasilan kemampuan komunikasi siswa secara individual sedangmencapai 72,16% dantingkat kemampuan komunikasi siswasecaraklasikal tinggi mencapai 83.34%.
Dari hasilanalisis test pre test, post testsiklus I dansiklus II dapat disimpulkanbahwa penerapan strategi pembelajaran thinktalkwritedapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas XI SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan padamateri Program Linear T.P 2018/2019. Sehinggadiharapkan strategi pembelajaranthinktalkwritedapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika, untukmeningkatkankemampuankomunikasimatematikasiswa.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]