Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantu Media Peta Konsep Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 5 Medan T.P.2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantu media peta konsep terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemahaman matematis peserta didik Kelas X SMA Negeri 5 Medan T.P. 2018/2019.Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian, yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Medan T.P. 2018/2019. Dengan teknik Simple Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen(X MIPA 3). Instrumen yang digunakan adalah post test dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi keterampilan proses peserta didik. Dari uji keberartian regresi (pemahaman konsep) diperoleh62,084> 4,17dan untuk (pemahaman matematis) diperoleh 108,328> 4,17. Oleh sebab itu,Ho ditolak dan Ha diterima sehingga variabel X mempunyai pengaruh yang berarti terhadap Y1 dan Y2ataupengaruh antara model pembelajaran inkuiri berbantu media peta konsep terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemahaman matematis peserta didik. Dari uji keberartian koefisien (pemahaman konsep) diperoleh thitung = 7,879dan (pemahaman matematis)thitung = 10,408dan ttabel= 1,697. Karena dilihat dari kedua kemampuan thitung> ttabel , maka pengujianhipotesis tolak HOdan Haditerima,maka ada hubungan yang berarti pada Model Pembelajaran Inkuiri berbantu media peta konsepterhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemahaman matematis peserta didik. Dari hasil di atas dapat disimpulkan ada pengaruhmodel pembelajaran inkuiri berbantu media peta konsep terhadap kemampuan pemahaman konsepdan ada pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantu media peta konsep terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]