Browsing Pendidikan Matematika by Title
Now showing items 238-257 of 626
-
Penerapan Pendekatan Open Ended dengan Alat Peraga untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsepdan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik pada Materi Trigonometri Kelas X SMA N 1 Sunggal T.P. 2018/2019
(2019-09-13)Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menjadi salah satu upaya guru dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu pelajaran dikelas. Peneliti menggunakan ... -
Penerapan Pendekatan Pembelajaran Problem Solving Untuk MeningkatkanKemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P.2017/2018
(2018-10-05)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan ... -
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS Vlll UPT SMP NEGERI 7 MEDAN T.P. 2021/2022
(2022-10-27)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik di kelas VIII UPT SMP Negeri 7 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan instrumen ... -
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP HARVARD SCHOOL MEDAN T.P. 2020/2021
(2020-09-12)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMP Harvard School T.P. 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ... -
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRI DENGAN MENGGUNAKAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DI KELAS VIII SMP GAJAH MADA MEDAN
(2022-11-03)Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Literasi Matematis Pada Peserta Didik di Kelas VIII SMP Gajah Mada Medan dengan menggunakan Model Pembelajaran Inquiri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ... -
Penerapan Teknik Discovery Dengan Penekanan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan KemampuanPemecahan Masalah Dan Kreativitas Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kualuh Hulu
(2017-08-11)Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan teknik discovery dengan penekanan pendekatan problem solving untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kualuh Hulu. ... -
Penerapan Teknik Probing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP Mardi Lestari Medan Tahun Ajaran 2013/2014
(2014-03-23)Masalah yang terdapat dalam skripsi ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika sehingga seringkali siswa kesulitan dalam memahami dan menjawab soal. Banyaknya teknik pembelajaran menuntut seorang ... -
Penerapan Teori Ausubel Dengan Menggunakan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan T.A. 2014/2015
(2015-08-27)Sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku, setiap mata pelajaran termasuk mata pelajaran matematika, siswa diharapkan mampu mengakumulasi pengetahuan dan mencapai kompetensi, yakni perpaduan pengetahuan, sikap serta ... -
PenerapanStrategi Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa padaPokokBahasanKubus Dan Balok di Kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan TahunAjaran 2013/2014
(2014-03-28)Penelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanatingkatkemampuankomunikasimatematikasiswadenganmenerapkan strategi Think Talk Write (TTW) di kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan.JenisPenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TRADE A PROBLEM DENGAN REWARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DENGAN POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP N. 28 MEDAN T.A 2017/2018
(2017-09-11)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Trade A Problem dengan Reward terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi kubus dan balok di Kelas VIII SMP Negeri 28 Medan T.A ... -
PENGARUH METODE SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 MEDAN T.A. 2013/2014
(2015-03-18)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi pembelajaran somatis auditori visual intelektual (SAVI) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Example And Non-Example Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Relasi dan Fungsi Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Adiankoting Tahun Ajaran 2017/2018
(2017-08-29)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran matematika Example and Non-Example (ENE) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika serta ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII SMP METHODIST KABANJAHE
(2024-01-22)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Methodist Kabanjahe. ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CERTAINLY OF RESPONSE INDEX DENGAN TEKNIK INSIDE-OUTSIDE CIRCLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 SIEMPATNEMPU KANOPAN T.P. 2018/2019
(2019-09-13)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Certainly of Response Index dengan Teknik Inside-outside Circle Terhadap Pemahaman Konsep dan berpikir Kritis Peserta didik. Adapun Populasi ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP GAJAH MADA MEDAN T.A 2021/2022
(2022-11-03)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP ... -
PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE PEMBELAJARAN STAD BERBASIS LKS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KREATIVITAS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SIEMPAT NEMPU KANOPAN T.A. 2018/2019.
(2019-09-16)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran STAD Berbasis LKS Trehadap Kemampuan Komunikasi dan Kreativitas Matematis peserta didik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Di Kelas ... -
Pengaruh Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada Materi Operasi Hitung Aljabar Dikelas VII SMP Gajah Mada Medan T.A 2022/2023
(2022-11-03)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi himpunan di kelas VII SMP Gajah Mada Medan ... -
Pengaruh Model Pembelajaraan Cooperative Learning Dengan Menggunakan Teknik Mencari Pasangan (Make A Match) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Fungsi Kelas VIII SMP Negeri 17 Medan T.A 2015/2016
(2016-07-23)Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dapat mengakibatkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran sehingga pemahaman konsep matematika siswa rendah, maka pendidik berupaya menggunakan model pembelajaran yang sesuai ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE- MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (C-MID) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 3 MEDAN T.A. 2021/2022
(2021-10-27)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Model Pembelajaran Cooperative- Meaningful Intructional Design (C-MID) terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik pada materi aljabar. Jenis ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Bangun Ruang Khususnya pada Materi Balok di Kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidorame T.P. 2018/2019.
(2019-09-12)Penelitian ini bertujuan untuk megetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan kemampuan berpikir kreatif matematis pada bangun ruang khususnya ...