PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRI DENGAN MENGGUNAKAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DI KELAS VIII SMP GAJAH MADA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Literasi Matematis Pada Peserta Didik di Kelas VIII SMP Gajah Mada Medan dengan menggunakan Model Pembelajaran Inquiri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan instrumen tes dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII Gajah Mada Medan. Sedangkan objek penelitian ini adalah Penerapan Strategi pembelajaran Inquiri untuk meningkatkan Literasi matematis peserta didik, aktivitas peserta didik dan pembelajaran yang dilakukan guru. Berdasarkaan analisis data kemampuan literasi matematis peserta didik setiap siklusnya diperoleh rata-rata persentase peningkatan kemampuan komunikasi peserta didik secara indiviual sebesar 3,1%. Sedangkan rata-rata persentase peningkatan kemampuan literasi matematis peserta didik secara klasikal sebesar 26,26%. Aktivitas peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan kategori aktivitas sangat aktif. Aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan kategori aktivitas sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Inquiri dapat Meningkatkan Literasi Matematis Peserta Didik pada materi Bangun Ruang Sisi Datar Balok di Kelas VIII SMP Gajah Mada Medan.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]