PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP HARVARD SCHOOL MEDAN T.P. 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMP Harvard School T.P. 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek dalam penelitian yaitu pada satu kelas siswa di kelas VIII SMP Harvard School dengan jumlah siswa 25 orang, karena situasi Covid-19 makanya dilakukan penelitian dengan cara bertahap yaitu satu kelas dibagi menjadi dua tahap bergantian. Instrumen yang digunakan adalah post-test 1 dan post-test 2 dengan bentuk uraian yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi siswa dan guru. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh hasil observasi aktivitas siswa saat proses pembelajaran Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh hasil observasi aktivitas siswa saat proses pembelajaran yaitu 94.24% dalam kategori aktif, hasil observasi aktivitas guru saat proses pembelajaran yaitu 3,3 dalam kategori sangat baik, terdapat pertambahan rata-rata persentase penalaran matematis siswa pada SIKLUS I yaitu 58,56 dan SIKLUS II yaitu 72,32, tidak tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dengan memperoleh proporsi jawaban benar siswa ≥ 65, tidak tercapainya ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu terdapat 76% siswa memperoleh persentase penilaian hasil ≥ 65. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik tidak dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMP Harvard School tidak berhasil. Dengan demikian pendekatan pembelajaran ini tidak dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan penalaran matematis siswa pada kelas VIII SMP Harvard School Medan.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]