• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII SMP METHODIST KABANJAHE

    Thumbnail
    View/Open
    WINDA SARI BR. PURBA.pdf (376.7Kb)
    Date
    2024-01-22
    Author
    BR. PURBA, WINDA SARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Methodist Kabanjahe. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Methodist Kabanjahe yang terdiri dari 4 (empat) kelas. Dengan menggunakan teknik Random Sampling maka diperoleh sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan tes. Maka, berdasarkan hasil hitung pada kemampuan komunikasi matematis menunjukkan bahwa Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 pada taraf signifikansi 5% yang berarti adanya perbedaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan komunikasi matematis mempunyai nilai rata-rata µ_1=82.47, sedangkan pada kelas kontrol kemampuan komunikasi matematis mempunyai nilai rata-rata µ_2=58.93. Sedangkan, berdasarkan nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis dengan uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 0.73 dan rata-rata kemampuan komunikasi matematis dengan uji N-Gain kelas kontrol 0.30. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Methodist Kabanjahe.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/10000
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback