dc.contributor.author | BR. PURBA, WINDA SARI | |
dc.date.accessioned | 2024-01-22T04:16:04Z | |
dc.date.available | 2024-01-22T04:16:04Z | |
dc.date.issued | 2024-01-22 | |
dc.identifier.uri | https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/10000 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Methodist Kabanjahe. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Methodist Kabanjahe yang terdiri dari 4 (empat) kelas. Dengan menggunakan teknik Random Sampling maka diperoleh sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan tes. Maka, berdasarkan hasil hitung pada kemampuan komunikasi matematis menunjukkan bahwa Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 pada taraf signifikansi 5% yang berarti adanya perbedaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan komunikasi matematis mempunyai nilai rata-rata µ_1=82.47, sedangkan pada kelas kontrol kemampuan komunikasi matematis mempunyai nilai rata-rata µ_2=58.93. Sedangkan, berdasarkan nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis dengan uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 0.73 dan rata-rata kemampuan komunikasi matematis dengan uji N-Gain kelas kontrol 0.30. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Methodist Kabanjahe. | en_US |
dc.subject | Kemampuan Komunikasi Matematis, | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) | en_US |
dc.title | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII SMP METHODIST KABANJAHE | en_US |