Browsing Keguruan dan Ilmu Pendidikan by Title
Now showing items 1102-1121 of 2238
-
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM RANGKA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAAN IPS DI SMP NEGERI 14 MEDAN T.A 2022/2023
(2024-01-19)Penelitian ini bertujuan untuk menggalakkan keterlibatan aktif serta kemandirian peserta didik dalam mengembangkan kemampuan berpikir dalam memecahkan masalah dengan cara mencari sejumlah data yang diperlukan untuk ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI KELAS VIII SMP Negeri 1 Tukka
(2022-01-18)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar aktivitas berpikir kritis siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning di kelas VIII SMP Negeri 1 Tukka. Jenis penelitian ini adalah penelitian ... -
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik pada Materi Program Linier di Desa Silaumarawan T. A. 2020/2021
(2020-09-09)Guru mengajar dengan sistem teachercentered, sehingga peserta didik pasif dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan ... -
Penerapan Model Pembelajaran Problem Open Ended Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sei Bamban Tahun Ajaran 2018/2019
(2018-09-11)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa ekonomi kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sei Bamban. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI 2 IPS yang berjumlah 35 orang dan objek ... -
. Penerapan Model Pembelajaran Reciplocal Teaching Untuk Meningkatkankan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Theorema Phythagoras dan Garis- garis Segitiga Kelas VIII SMP Tenera Langkat T.A 2014/2015. Skripsi, Program Studi Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan.
(2015-08-12)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran reciplocal teaching. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Tenera ... -
Penerapan model pembelajaran resource based leaarning (RBL) dengan memanfaatkan media lingkungan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi kesebanguan dan kekongruenan kelas IX SMP HKBP Pardamean Medan
(2015-08-26)Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dengan memanfaatkan media lingkungan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi kesebangunan dan ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII SMP SWASTA MUSDA MEDAN T.A. 2021/2022
(2022-01-10)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa terutama pada materi segiempat dan segitiga menggunakan model pembelajaran STAD pada siswa kelas VII di SMP Swasta Musda Medan. Penelitian ini ... -
Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Pecahan Di Kelas VII SMP Negeri 2 Sunggal T.A. 2013/2014. Skripsi, Program Studi Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen.
(2017-09-01)Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran student facilitator and explaining. Peneliti melaksanakan ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VII SMP METHODIST 9 MEDAN T.A 2021/2022
(2022-11-18)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi segitiga di kelas VII SMP Methodist 9 Medan T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 TANJUNG BALAI
(2020-08-16)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi koordinat kartesius di kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Balai. Jenis penelitian ini adalah PenelitianTindakan Kelas ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORY KINESTHETIC (VAK) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELASVIII SMP NEGERI 12 BINJAI TAHUN AJARAN 2022/2023
(2022-11-10)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Visual Auditory Kinesthetic dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian ... -
Penerapan Model PembelajaranBeach Ball untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas BelajarSiswaPadaMateriSegiempat di Kelas VII SMP Negeri 3 Muara Siatas Barita SMPT.A. 2015/2016.Skripsi, Program StudiPendidikanMatematika, FakultasKeguruandanIlmuPendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan.
(2015-07-11)Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuan kreativitas belajarsiswapadamateri segiempatdi kelasVII-A SMP Negeri Muara Siatas Baritamelalui model pembelajaranBeach Ball. JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas ... -
Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Kelas X SMA Negeri 1 Onan Runggu T. P. 2018/2019
(2019-08-24)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuana pemecahan masalah matematika dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada sub materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di kelas X ... -
Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah pada Materi Bilangan Bulat di SMP Negeri 23 Medan Kelas VII T.P.2018/2019
(2019-09-16)Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menjadi salah satu upaya guru dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu pelajaran di kelas. Peneliti menggunakan ... -
Penerapan Model Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. 2017/2018
(2018-08-11)Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIII-5 SMP N 2 Percut Sei Tuan semester genap T.P. 2017/2018 yang berjumlah 33 orang. Adapun instrumen pengumpul data dalam penelitian ... -
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP GAJAH MADA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
(2023-11-08)Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Gajah Mada Medan ... -
Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Kelas X SMK Swasta Jambi Medan T.P. 2018/2019
(2018-09-12)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan keterampilan proses berbantuan media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas X SMK Swasta Jambi ... -
Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII SMP Swasta Prima Pargambiran
(2020-09-05)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi pola bilangan di kelas VIII SMP Swasta Prima Pargambiran T.P. ... -
Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta Didik pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. 2018/2019
(2018-10-10)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika peserta didik pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. ... -
Penerapan Pendekatan Open Ended dengan Alat Peraga untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsepdan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik pada Materi Trigonometri Kelas X SMA N 1 Sunggal T.P. 2018/2019
(2019-09-13)Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menjadi salah satu upaya guru dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu pelajaran dikelas. Peneliti menggunakan ...