• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Pecahan Di Kelas VII SMP Negeri 2 Sunggal T.A. 2013/2014. Skripsi, Program Studi Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen.

    Thumbnail
    View/Open
    Lusi Vebriana Sinaga.pdf (242.1Kb)
    Lusi Vebriana Sinaga.pdf (242.1Kb)
    Date
    2017-09-01
    Author
    Sinaga, Lusy Vebriana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran student facilitator and explaining. Peneliti melaksanakan dengan pengamatan dan melakukan refleksi sebagai bahan dasar untuk rancangan pembelajaran berikutnya. Pelaksanaannya dilakukan 2 putaran mengandung satu jenis metode yang semakin dipertajam dengan materi pecahan di kelas VII-8 SMP Negeri 2 Sunggal. Adapun instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes ini terdiri dari tes awal, tes putaran I, dan tes putaran II. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan aktivitas dan prestasi belajar setelah diajarkan dengan model pembelajaran student facilitator and explaining. Hal tersebut dapat dilihat dari perhitungan skor tes awal didapat: BB (batas bawah) = 10, (Kuartil 1) = 25, Median = (Kuartil 2) = 40, (Kuartil 3) = 60, BA (batas atas) = 75. Putaran I didapat: BB (batas bawah) = 40, (Kuartil 1) = 55, Median = (Kuartil 2) = 60, (Kuartil 3) = 65, BA (batas atas) = 90, dan putaran II didapat: BB (batas bawah) = 55, (Kuartil 1) = 70, Median = (Kuartil 2) = 75, (Kuartil 3) = 80, BA (batas atas) = 95. Aktivitas belajar matematika siswa di kelas VII-8 SMP Negeri 2 Sunggal pada materi pecahan dengan menerapkan model pembelajaran student facilitator and explaining mengalami peningkatan. Hal ini tampak dari hasil observasi yang diperoleh dari tiap putaran. Hasil observasi aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari 75,93% pada putaran I menjadi 82,82% pada putaran II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining pada materi pecahan di kelas VII-8 SMP Negeri 2 Sunggal dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi hasil belajar matematika siswa, sehingga diharapkan bahwa model pembelajaran student facilitator and explaining dijadikan sebagai alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa dalam proses belajar mengajar.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/237
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback