PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP GAJAH MADA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Gajah Mada Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024 berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan sampling jenuh, yaitu hanya menggunakan satu kelas dimana seluruh sampel dijadikan sebagai populasi. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen One-Grup Pretest-Posttest Design. Untuk memperoleh data digunakan penugasan menulis teks berita di kelas VIII SMP Gajah Mada Medan sebelum menggunakan media sosial instagram diperoleh skor terendah 40dan skor tertinggi 75 dengan rata-rata 60,85 dan sesudah menggunakan media sosial instagram diperoleh skor terendah 65 dan skor tertinggi 95 dengan rata-rata85,46. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh Thitung = 11,0855 dan Ttabel = 1,69552 dengan taraf signifikan 5% = 1,69552 menuju Thitung > Ttabel. maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial instagram berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks berita kelas VII Gajah Mada Medan.