• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan model pembelajaran resource based leaarning (RBL) dengan memanfaatkan media lingkungan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi kesebanguan dan kekongruenan kelas IX SMP HKBP Pardamean Medan

    Thumbnail
    View/Open
    Andi J. Sinaga.pdf (355.6Kb)
    Date
    2015-08-26
    Author
    Sinaga, Andi J
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dengan memanfaatkan media lingkungan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi kesebangunan dan kekongruenan kelas IX SMP HKBP Pardamean Medan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dengan memanfaatkan media lingkungan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi pada materi kesebangunan dan kekongruenan kelas IX SMP HKBP Pardamean Medan. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas IX-2 SMP HKBP Pardamean Medan tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah peserta didik sebanyak 19 anak. Adapun kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan untuk mata pelajaran matematika adalah 65. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 06 Juli 2015 s/d 14 Juli 2015. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, tiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan, siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum penelitian, diperlukan data pra siklus dari hasil angket awal untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah tindakan. Pada pra siklus rata-rata minat belajar siswa secara klasikal 45,36%. Pengolahan data dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari pengolahan data digunakan untuk menggambarkan ketercapaian tindakan terhadap peningkatan miant belajar. Pada siklus I minat belajar mencapai rata-rata 73,58%. Pada siklus II minat belajar mencapai rata-rata 83,37% minat belajar tinggi. Dari hasil penelitian siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran resource based learning dengan memanfaatkan lingkungan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas IX-2 SMP HKBP Pardamean Medan.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/500
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback