• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Problem Open Ended Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sei Bamban Tahun Ajaran 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Rini Ernita Sitorus.pdf (219.7Kb)
    Date
    2018-09-11
    Author
    Sitorus, Rini Ernita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa ekonomi kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sei Bamban. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI 2 IPS yang berjumlah 35 orang dan objek penelitian adalah model Pembelajaran Prpblem Open Ended. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dengan soal esay tes dan lembar observasi aktivitas siswa untuk melihat aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu dengan menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Berdasarkan pengamatan hasil aktivitas belajar siswa, menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh, 28,57% atau 10 orang siswa untuk kriteria sangat aktif, 20% atau 7 orang siswa untuk kriteria aktif, 17,14% atau 6 orang siswa untuk kriteria cukup aktif, 25,71% atau 9 orang siswa untuk kriteria kurang aktif, 8,57% atau 3 orang siswa untuk kriteria tidak aktif. Sedangkan pada siklus II diperoleh 65,71% atau 23 orang untuk kriteria sangat aktif, 14,28 % atau 5 orang siswa untuk kriteria aktif, 11,42% atau 4 orang siswa untuk kriteria cukup aktif, dan 8,57%% atau 3 orang siswa untuk kriteria kurang aktif. Selanjutnya data dari hasil belajar siswa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas dan belajar adalah 37,14% atau 13 siswa dengan rata-rata 71,14 sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas dalam belajar adalah 57,14% atau 20 orang siswa dengan rata-rata 76,28.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1713
    Collections
    • Pendidikan Ekonomi [277]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback