Penerapan Model Pembelajaran Problem Open Ended Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sei Bamban Tahun Ajaran 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa ekonomi kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sei Bamban. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI 2 IPS yang berjumlah 35 orang dan objek penelitian adalah model Pembelajaran Prpblem Open Ended. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dengan soal esay tes dan lembar observasi aktivitas siswa untuk melihat aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu dengan menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif.
Berdasarkan pengamatan hasil aktivitas belajar siswa, menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh, 28,57% atau 10 orang siswa untuk kriteria sangat aktif, 20% atau 7 orang siswa untuk kriteria aktif, 17,14% atau 6 orang siswa untuk kriteria cukup aktif, 25,71% atau 9 orang siswa untuk kriteria kurang aktif, 8,57% atau 3 orang siswa untuk kriteria tidak aktif. Sedangkan pada siklus II diperoleh 65,71% atau 23 orang untuk kriteria sangat aktif, 14,28 % atau 5 orang siswa untuk kriteria aktif, 11,42% atau 4 orang siswa untuk kriteria cukup aktif, dan 8,57%% atau 3 orang siswa untuk kriteria kurang aktif. Selanjutnya data dari hasil belajar siswa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas dan belajar adalah 37,14% atau 13 siswa dengan rata-rata 71,14 sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas dalam belajar adalah 57,14% atau 20 orang siswa dengan rata-rata 76,28.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [265]