• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Kelas X SMA Negeri 1 Onan Runggu T. P. 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Masdawaty Sitohang.pdf (424.6Kb)
    Date
    2019-08-24
    Author
    Sitoang, Masdawaty
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuana pemecahan masalah matematika dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada sub materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di kelas X SMA Negeri 1 Onan Runggu Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Onan Runggu yang berjumlah 30 peserta didik. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada sub materi sistem persamaan linear tiga variabel kelas X SMA Negeri 1 Onan Runggu Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada setiap siklus diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Berdasarkan hasil analisis observasi aktivitas belajar peserta didik, pada siklus I diperoleh rata-rata persentasi aktivitas belajar peserta didik sebesar 69,45% ( Cukup aktif), sedangkan pada siklus II sebesar 80,9 % (kategori aktif). Hasil analisis tes kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik, pada siklus I diperoleh 46,7% peserta didik yang mendapat nilai ≥ 70 yaitu adalah 14 peserta didik dan 53,3% peserta didik yang mendapat ≤ 70 % yaitu ada 16 peserta didik., sedangkan pada siklus II diperoleh 93,3% peserta didik yang mendapat nilai ≥ 70 % yaitu 28 peserta didik dan 6,7 % peserta didik yang mendapat nilai ≤ 70 % ada 2 orang peserta didik. Terjadi peningkatan persentase kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didiksebesar 46,6%.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dengan model Problem Based Learning Berbantuan LKPD pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel kelas X SMA Negeri 1 Onan Runggu T.P 2018/2019.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2711
    Collections
    • Pendidikan Matematika [687]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback