• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah pada Materi Bilangan Bulat di SMP Negeri 23 Medan Kelas VII T.P.2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Pinta Septiana.pdf (300.5Kb)
    Date
    2019-09-16
    Author
    Septiana, Pinta
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menjadi salah satu upaya guru dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu pelajaran di kelas. Peneliti menggunakan model Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dan untuk mengetahui apakah penerapan Project Based Learning dapat meningkatkan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi bilangan bulat di Kelas VII SMP Negeri 23 Medan T.P 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP Negeri 23 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini ditetapkan 1 kelas dari 2 kelas yang ada, yaitu kelas VII-B yang berjumlah 30 orang. Adapun Instrumen Pengumpulan Data dalam penelitian ini adalah Tes pemecahan masalah serta observasi. Tes ini terdiri dari Tes Siklus I dan tes Siklus II. Meningkatnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik apabila, pertambahan nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik adalah ≥75. Data-data tersebut dikumpulkan dan dikelola dengan indikator yang digunakan apabila ≥80% dari seluruh siswa yang memperoleh nilai ≥70 untuk pemecahan masalah, maka hipotesis tindakan diterima. Dari hasil penelitian dua siklus tersebut diperoleh data pada siklus I dalam kemampuan pemahaman konsep secara klasikal 80%. Dari siklus I sebesar 43,3% dan siklus II sebesar 83,3%. Dengan kata lain, kemampuan pemecahan masalah secara kalsikal 80%. Dari siklus I sebesar 43,3% dan siklus II sebesar 83,3%. Kemampuan pemecahan masalah dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 40%. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah dari siklus I ke siklus II, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan Project Based Learning dapat meningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi bilangan bulat di Kelas VII SMP Negeri 23 Medan T.P 2018/2019.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3309
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback