• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model PembelajaranBeach Ball untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas BelajarSiswaPadaMateriSegiempat di Kelas VII SMP Negeri 3 Muara Siatas Barita SMPT.A. 2015/2016.Skripsi, Program StudiPendidikanMatematika, FakultasKeguruandanIlmuPendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan.

    Thumbnail
    View/Open
    Chrisstine Simorangkir.pdf (261.3Kb)
    Date
    2015-07-11
    Author
    simorangkir, Christine
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuan kreativitas belajarsiswapadamateri segiempatdi kelasVII-A SMP Negeri Muara Siatas Baritamelalui model pembelajaranBeach Ball. JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas (Classroom Action Research)yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVII-A yang berjumlah 30 orang di SMP Negeri Muara Siatas Baritadanobjekpenelitianiniadalahpeningkatankemampuan kreativitas belajarsiswa di kelasVII-Adenganmenggunakan model pembelajaranBeach Ball. Padates yang dilakukandiakhirsiklus I (postest I) ketuntasanbelajarsiswasecara individual terdapat23siswa yang tuntasdalambelajar yang memperoleh ≥ 65% dan7siswabelumtuntasdalambelajar, ketuntasanbelajarsecaraklasikaladalahsebesar76% dannilai rata-rata siswa yang diperolehdari30 orang siswapadapostest I iniadalahadalah69,41. Namunkarenahasilbelajarsiswa di siklus I belummencapai target minimal penilaianhasilbelajaryaitu 85% siswamemperolehnilai ≥ 65, makaperluperbaikan program pengajaransehinggadilanjutkankesiklus II. Padasiklus II diperolehketuntasanbelajar individual yaitu27siswa yang tuntasdalambelajar yang memperoleh ≥ 65% dan3siswabelumtuntasdalambelajardanketuntasansecaraklasikaladalahsebesar 90%sertanilairata-rata nilai siswa dari 30 orang padasiklus II iniadalah85. Berdasarkanhasilanalisisobservasiaktivitasbelajarsiswa, padasiklus I diperoleh rata-rata persentaseaktivitasbelajarsiswasebesar35% (kategorikurangaktif), sedangkanpadasiklus II sebesar82,62% (kategoriaktif). Berdasarkan penelitian tersebutdapatdisimpulkanbahwa model pembelajaranBeach Balluntukmeningkatkankemampuan kreativitas belajarsiswapadamateri Segiempat. Sehingga diharapkan model pembelajaran Beach Ballini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif yang untuk meningkatkan kemampuan kreativitas belajar siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/318
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback