Pendidikan Matematika: Recent submissions
Now showing items 581-600 of 689
-
Pengaruh Strategi Pembelajaran Entry Behavior Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas VIII Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel(SPLDV) Di SMP Negeri 17 Medan
(2014-09-28)Penelitian ini adalah equasi eksperimen dengan desain penelitian one shot case study. Populasi dari penelitian adalah berjumlah 9 kelas yang terdiri dari 286 jumlah siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah 30 siswa yang ... -
PENGARUH MODEL THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING(TAPPS) DI DUKUNG TEORI BELAJAR JEROME BRUNER TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 35 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014
(2014-08-28)Sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku, setiap mata pelajaran, termasuk matematika, siswa diharapkan mampu mengakumulasi pengetahuan dan mencapai kompetensi, yakni perpaduan pengetahuan, sikap serta keterampilan ... -
Pengaruh Teori Ausubel Menggunakan Metode Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Komunikasi Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok Dikelas VIII SMP Negeri 40 Medan Tahun Ajaran 2013/1014
(2015-01-01)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teori ausubel menggunakan metode Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Komunikasi Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok Dikelas VIII ... -
Perbedaan Kreatifitas Matematika Siswa yang diajar Menggunakan Picture and Picture dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran Konvensional pada Pokok Bahasan Segitiga di Kelas VII SMP Negeri 1 Tigabinanga T.A. 2012/2013.
(2016-09-16)Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan kreatifitas siswa yang diajar dengan model pembelajaran Picture and Picture dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran Konvensional. Maka untuk ... -
Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Model Needham Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Di Kelas VIII SMP Swasta Methodist 1 Rantauprapat T.P 2014/2015
(2014-09-29)Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan konstruktivisme model Needham terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi sistem persamaan linier dua variabel ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPELIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN DIKELAS VII SMP SWASTA METHODIST 1 RANTAUPRAPAT T.P 2014/2015
(2014-07-29)Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Apakah ada pengaruh model pembelajaran (active learning) tipe lightening the learning climate untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada ... -
Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dengan Pembelajaran Konvensional Terhadap Kemampuan Penalaran Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas X SMA Negeri 9 Medan
(2014-03-24)Banyaknya model mengajar menuntut seorang guru menguasai dan memilih model yang tepat sesuai dengan materi pelajaran, kondisi lingkungan dan siswa itu sendiri. Pemilihan model mengajar tersebut bertujuan untuk meningkatkan ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Muara pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Tahun Ajaran 2014/2015
(2014-09-22)Permasalahan penelitian ini adalah “ rendahnya kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Muara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group ... -
Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Send A Problem Dengan Pendekatan Konstruktivistik Berbantuan Lks Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di Kelas VII SMP Negeri 35 Medan Tahun Ajaran 2013/2014
(2014-07-27)Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk Mengetahui perbedaan kemampuan memecahkan masalah siswa setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Send A Problem dengan pendekatan ... -
Pengaruh Metode Stop Think Do Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Logaritma Di Kelas X SMA BUDIMURNI 3 Medan T.A. 2013/2014
(2014-03-28)Anggapan siswa bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sulit dipahami, bersifat abstrak, dan membosankan adalah sebagai faktor penyebab hasil belajar siswa masih kurang memuaskan. Oleh karena itu guru perlu mencari ... -
Pengaruh Media Pembelajaran Microsoft Power Point Berdasarkan Tahap Berpikir Van Hiele Terhadap Pemahaman Konsep Matematika PadaMateri Pokok Dimensi Tiga Balok Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 17 Medan Tahun Pelajaran 2013/2014
(2014-08-25)Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Apakah ada pengaruh media pembelajaran microsoft power point berdasarkan tahap berpikir Van Hiele terhadap pemahaman konsep matematikapadamateri ... -
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 28 MEDAN
(2016-09-22)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model PembelajaranDirect Intruction Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalahdan Penalaran MatematisSiswaKelas VII Negeri 28 Medan. Dalam penelitian ini indicator efektivitas ... -
Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok dengan Menggunakan Model Pembelajaran VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) di Kelas VIII SMP Negeri 1 Ajibata Tahun Ajaran 2013/2014
(2014-08-25)Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP Negeri 28 Medan
(2014-07-25)Penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan memberikan perlakuan pada kelompok sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Sedangkan sampel ... -
Hubungan Antara Minat Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Faktorisasi Suku Aljabar di Kelas VIII SMP Swasta HKBP Padang Bulan Medan Tahun Pelajaran 2013/2014.
(2014-03-24)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara minat belajar siswa baik secara sendiri maupun secara bersama-sama dengan prestasi belajar matematika siswa yang diperoleh melalui tes hasil belajar ... -
Pengaruh Metode Pembelajaran Mastery Learning (Belajar Tuntas) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMPN 10 Medan Tahun Ajaran 2013/2014
(2017-09-22)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran Mastery Learning (Belajar Tuntas) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di ... -
Efektivitas Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantu Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Materi Fungsi Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Pancur Batu T.A 2016/2017
(2017-09-22)Tujuan ini penelitian adalah untuk mengetahui ada pengaruh efektivitas model pembelajaran Explicit Instruction berbantu geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi ... -
Perbedaan Metode Guided Discovery Dengan Metode Behavior Modification Terhadap Kemampuan Kreativitas Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan T.A 2017/2018
(2017-09-22)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan kreativitas matematis siswa dengan yang diajar dengan menggunakan metode guided discovery lebih baik dari pada yang diajar dengan menggunakan metode behavior ... -
Perbedaan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Software Dengan Pendekatan Open Ended Berbantuan Software Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMA Swasta Parulian 1 Medan
(2017-09-22)Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan peningkatan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan Software dan Pendekatan Open Ended berbantuan ... -
Pengaruh Model Pebelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika siswa pada Pokok Bahasan SPLDV Pada Kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. 2016 / 2017
(2017-09-22)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa dan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa pada pokok bahasan SPLDV ...