Pengaruh Media Pembelajaran Microsoft Power Point Berdasarkan Tahap Berpikir Van Hiele Terhadap Pemahaman Konsep Matematika PadaMateri Pokok Dimensi Tiga Balok Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 17 Medan Tahun Pelajaran 2013/2014
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Apakah ada pengaruh media pembelajaran microsoft power point berdasarkan tahap berpikir Van Hiele terhadap pemahaman konsep matematikapadamateri pokok dimensi tiga balok pada siswa Kelas VIII di SMP Negeri 17 Medan tahun pelajaran 2013/2014.
Berdasarkan nilai pemahaman konsep matematika siswa diperoleh persamaan regresi Y ̂=34,686+0,547X, hasil uji linear regresi sampel dengan menggunakan uji F diperoleh F_hitung =0,65sedangkan F_tabel = F0,05;(10;13) = 2,65 ternyata F_hitung<F_tabel, makabentuk hubungannya linear. Uji keberartian regresiF_hitung = 125,64 sedangkan F_tabel = F0,05;(1;23) = 4,28dimana F_hitung>F_tabel, maka terdapat hubungan yang berarti antara Media Pembelajaran Microsoft Power Point berdasarkan tahap berpikir Van Hiele dan pemahaman konsep matematika.Untuk uji keberartian koefisien korelasi regresi diperoleh t_hitung = 11,21 sedangkan t_tabel = 2,07 dimana t_hitung>t_tabel dengan koefisien korelasi positif dan berartimaka, dapat disimpulkanterdapat korelasi positif dan berarti antara Media Pembelajaran Microsoft Power Point berdasarkan tahap berpikir Van Hiele dan pemahaman konsep matematika.
Pembelajaran dengan menggunakan Media Pembelajaran Microsoft Power Point berdasarkan tahap berpikir Van Hiele sebesar 1 satuan akan menigkatkan pemahaman konsep matematika siswa sebesar0,547 satuan. Sehingga media pembelajaran Microsoft Power Point berdasarkan tahap berpikir Van Hiele diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk menigkatkan pemahaman konsep matematika siswa.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]