EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 28 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model PembelajaranDirect Intruction Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalahdan Penalaran MatematisSiswaKelas VII Negeri 28 Medan.
Dalam penelitian ini indicator efektivitas suatu model pembelajaran ditinjau dari ketuntasan belajar, aktivitas pengelolaan pembelajaran, peningkatan pencapaian pembelajaran menggunakan model pembelajaran Direct Intruction. Ketuntasan belajar siswa secaraindividu dan klasikal diperoleh dar ikemampuan siswadalammemecahkanmasalahdanpenalaran, aktivitas proses pembelajaran diperolehdariobservasi.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada setiap siklus diterapkan model pembelajaranDirect Intruction. Berdasarkan hasil observasi aktivitas belajar siswa, pada siklus I diperoleh hasil observasi siswa meningkat dari 25% pada siklus Ipertemuanpertama menjadi 46,89% pada siklus Ipertemuankedua. Begitu pula aktivitas siswa meningkat dari 65,63% pada siklus II pertemuanpertama menjadi 84,37 pada siklus IIpertemuankedua. Penerapan model pembelajaran Direct Intruction dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalahdanpenalaran matematis siswa yang terlihat pada peningkatan nilai rata-rata tes siswa pada siklus I adalah dari 32 siswa, untukpemecahanmasalah 23 siswa(71,88%) telah mencapai ketuntasan belajar . Demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Direct Intruction dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalahdanpenalaran matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 28 Medan.
Collections
- Pendidikan Matematika [641]