Browsing Pendidikan Matematika by Title
Now showing items 228-247 of 626
-
Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Pecahan Di Kelas VII SMP Negeri 2 Sunggal T.A. 2013/2014. Skripsi, Program Studi Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen.
(2017-09-01)Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran student facilitator and explaining. Peneliti melaksanakan ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VII SMP METHODIST 9 MEDAN T.A 2021/2022
(2022-11-18)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi segitiga di kelas VII SMP Methodist 9 Medan T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 TANJUNG BALAI
(2020-08-16)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi koordinat kartesius di kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Balai. Jenis penelitian ini adalah PenelitianTindakan Kelas ... -
Penerapan Model PembelajaranBeach Ball untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas BelajarSiswaPadaMateriSegiempat di Kelas VII SMP Negeri 3 Muara Siatas Barita SMPT.A. 2015/2016.Skripsi, Program StudiPendidikanMatematika, FakultasKeguruandanIlmuPendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan.
(2015-07-11)Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuan kreativitas belajarsiswapadamateri segiempatdi kelasVII-A SMP Negeri Muara Siatas Baritamelalui model pembelajaranBeach Ball. JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas ... -
Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Kelas X SMA Negeri 1 Onan Runggu T. P. 2018/2019
(2019-08-24)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuana pemecahan masalah matematika dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada sub materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di kelas X ... -
Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah pada Materi Bilangan Bulat di SMP Negeri 23 Medan Kelas VII T.P.2018/2019
(2019-09-16)Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menjadi salah satu upaya guru dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu pelajaran di kelas. Peneliti menggunakan ... -
Penerapan Model Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. 2017/2018
(2018-08-11)Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIII-5 SMP N 2 Percut Sei Tuan semester genap T.P. 2017/2018 yang berjumlah 33 orang. Adapun instrumen pengumpul data dalam penelitian ... -
Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Kelas X SMK Swasta Jambi Medan T.P. 2018/2019
(2018-09-12)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan keterampilan proses berbantuan media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas X SMK Swasta Jambi ... -
Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII SMP Swasta Prima Pargambiran
(2020-09-05)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi pola bilangan di kelas VIII SMP Swasta Prima Pargambiran T.P. ... -
Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta Didik pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. 2018/2019
(2018-10-10)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika peserta didik pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. ... -
Penerapan Pendekatan Open Ended dengan Alat Peraga untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsepdan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik pada Materi Trigonometri Kelas X SMA N 1 Sunggal T.P. 2018/2019
(2019-09-13)Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menjadi salah satu upaya guru dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu pelajaran dikelas. Peneliti menggunakan ... -
Penerapan Pendekatan Pembelajaran Problem Solving Untuk MeningkatkanKemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P.2017/2018
(2018-10-05)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan ... -
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS Vlll UPT SMP NEGERI 7 MEDAN T.P. 2021/2022
(2022-10-27)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik di kelas VIII UPT SMP Negeri 7 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan instrumen ... -
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP HARVARD SCHOOL MEDAN T.P. 2020/2021
(2020-09-12)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMP Harvard School T.P. 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ... -
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRI DENGAN MENGGUNAKAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DI KELAS VIII SMP GAJAH MADA MEDAN
(2022-11-03)Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Literasi Matematis Pada Peserta Didik di Kelas VIII SMP Gajah Mada Medan dengan menggunakan Model Pembelajaran Inquiri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ... -
Penerapan Teknik Discovery Dengan Penekanan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan KemampuanPemecahan Masalah Dan Kreativitas Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kualuh Hulu
(2017-08-11)Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan teknik discovery dengan penekanan pendekatan problem solving untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kualuh Hulu. ... -
Penerapan Teknik Probing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP Mardi Lestari Medan Tahun Ajaran 2013/2014
(2014-03-23)Masalah yang terdapat dalam skripsi ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika sehingga seringkali siswa kesulitan dalam memahami dan menjawab soal. Banyaknya teknik pembelajaran menuntut seorang ... -
Penerapan Teori Ausubel Dengan Menggunakan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan T.A. 2014/2015
(2015-08-27)Sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku, setiap mata pelajaran termasuk mata pelajaran matematika, siswa diharapkan mampu mengakumulasi pengetahuan dan mencapai kompetensi, yakni perpaduan pengetahuan, sikap serta ... -
PenerapanStrategi Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa padaPokokBahasanKubus Dan Balok di Kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan TahunAjaran 2013/2014
(2014-03-28)Penelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanatingkatkemampuankomunikasimatematikasiswadenganmenerapkan strategi Think Talk Write (TTW) di kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan.JenisPenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TRADE A PROBLEM DENGAN REWARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DENGAN POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP N. 28 MEDAN T.A 2017/2018
(2017-09-11)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Trade A Problem dengan Reward terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi kubus dan balok di Kelas VIII SMP Negeri 28 Medan T.A ...