PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 TANJUNG BALAI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi koordinat kartesius di kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Balai.
Jenis penelitian ini adalah PenelitianTindakan Kelas (PTK) dengan Subjek dalam penelitian yaitu siswa di kelas VIII-7 SMP Negeri 2 Tanjung Balai dengan jumlah siswa 20 orang. Penelitian ini dilakukan hanya pada satu kelas. Insturmen yang digunakan adalah post tes 1 dan post tes 2 dengan bentuk esai yang telah dilakukan uji validasi intrumen serta lembar observasi siswa dan guru.
Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh hasil observasi aktivitas siswa saat proses pembelajaran yaitu 75.5% dalam kategori aktif, hasil observasi aktivitas guru saat proses pembelajaran yaitu 3.3 dalam kategori sangat baik, tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dengan memperoleh proporsi jawaban benar siswa ≥ 65, tercapainya ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu terdapat 85% siswa memperoleh persentase penilaian hasil ≥ 65,terdapatpertambahan rata-rata persentase komunikasi matematis siswa pada SIKLUS I yaitu 58.65 dan SIKLUS IIyaitu 76.565. Hal ini berarti pembelajaran yang dilaksanakan telah berhasil, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaranTwo Stay Two Stray dapat meningkatkan komunikasi matematis siswa pada materi koordinat kartesius di kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Balai. Dengan demikian diharapkan model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternativ untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa.
Collections
- Pendidikan Matematika [674]