• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII SMP Swasta Prima Pargambiran

    Thumbnail
    View/Open
    Hotmianna Limbong.pdf (382.8Kb)
    Date
    2020-09-05
    Author
    Limbong, Hotmianna
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi pola bilangan di kelas VIII SMP Swasta Prima Pargambiran T.P. 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Subjek dalam penelitian yaitu siswa di kelas VIII-1 SMP Swasta Prima Pargambiran dengan jumlah siswa 32 orang. Penelitian ini dilakukan hanya pada satu kelas. Insturmen yang digunakan adalah post-tes 1 dan post-tes 2 dengan bentuk esai yang telah dilakukan uji validasi intrumen serta lembar observasi siswa dan guru.Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh hasil observasi aktivitas siswa saat proses pembelajaran yaitu 86.43% dalam kategori aktif, hasil observasi aktivitas guru saat proses pembelajaran yaitu 3.72 dalam kategori sangat baik, tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dengan memperoleh proporsi jawaban benar paling sedikit sedang atau 65%, tercapainya ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu terdapat 93.75% siswa memperoleh ketuntasan belajar siswa secara individual paling sedikit sedang atau 65%,terdapatpertambahan rata-rata persentase berpikir kreatif matematis siswa pada SIKLUS I yaitu 68.75 dan SIKLUS II yaitu 80.77. Hal ini berarti pembelajaran yang dilaksanakan telah berhasil, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajarankontekstual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi pola bilangan di kelas VIII SMP Swasta Prima Pargambiran T.P. 2020/2021. Dengan demikian diharapkan model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4558
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback