Show simple item record

dc.contributor.authorLimbong, Hotmianna
dc.date.accessioned2020-12-07T01:42:29Z
dc.date.available2020-12-07T01:42:29Z
dc.date.issued2020-09-05
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4558
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi pola bilangan di kelas VIII SMP Swasta Prima Pargambiran T.P. 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Subjek dalam penelitian yaitu siswa di kelas VIII-1 SMP Swasta Prima Pargambiran dengan jumlah siswa 32 orang. Penelitian ini dilakukan hanya pada satu kelas. Insturmen yang digunakan adalah post-tes 1 dan post-tes 2 dengan bentuk esai yang telah dilakukan uji validasi intrumen serta lembar observasi siswa dan guru.Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh hasil observasi aktivitas siswa saat proses pembelajaran yaitu 86.43% dalam kategori aktif, hasil observasi aktivitas guru saat proses pembelajaran yaitu 3.72 dalam kategori sangat baik, tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dengan memperoleh proporsi jawaban benar paling sedikit sedang atau 65%, tercapainya ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu terdapat 93.75% siswa memperoleh ketuntasan belajar siswa secara individual paling sedikit sedang atau 65%,terdapatpertambahan rata-rata persentase berpikir kreatif matematis siswa pada SIKLUS I yaitu 68.75 dan SIKLUS II yaitu 80.77. Hal ini berarti pembelajaran yang dilaksanakan telah berhasil, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajarankontekstual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi pola bilangan di kelas VIII SMP Swasta Prima Pargambiran T.P. 2020/2021. Dengan demikian diharapkan model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa.en_US
dc.subjectPendekatan Kontekstual,en_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kreatif Matematis,en_US
dc.subjectMateri Pola Bilanganen_US
dc.titlePenerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII SMP Swasta Prima Pargambiranen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record