Browsing Pendidikan Matematika by Issue Date
Now showing items 61-80 of 625
-
Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Treffinger Pada Materi Pokok Prisma dan Limas SMP Budi Murni 3 Medan
(2015-08-26)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Budi Murni 3 Medan, khususnya pada materi bangun ruang Prisma dan Limas melalui pembelajaran dengan model Treffinger. Penelitian ... -
Pengaruh Metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) yang didukung Teori Belajar Bruner terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika siswa pada Pokok Bahasan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 24 Medan Tahun Ajaran 2014/2015
(2015-08-26)Sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku, setiap matapelajaran, termasuk matematika, siswa diharapkan mampu mengakumulasi pengetahuan dan mencapai kompetensi, yakni perpaduan pengetahuan, sikap serta keterampilan yang ... -
Penerapan model pembelajaran resource based leaarning (RBL) dengan memanfaatkan media lingkungan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi kesebanguan dan kekongruenan kelas IX SMP HKBP Pardamean Medan
(2015-08-26)Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dengan memanfaatkan media lingkungan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi kesebangunan dan ... -
Pengaruh Model Pengajaran Langsung Melalui Advance Organizer (Adnan) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Teorema Phytagoras Di Kelas VIII SMP Negeri 18 Medan T.A 2014/2015.
(2015-08-26)Advance Organizer (Adnan) adalah sebuah informasi yang disajikan sebelum pembelajaran yang dapat digunakan oleh peserta didik untuk menyusun dan menafsirkan informasi baru masuk. Latar belakang yang mendorong penelitian ... -
Penerapan Teori Ausubel Dengan Menggunakan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan T.A. 2014/2015
(2015-08-27)Sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku, setiap mata pelajaran termasuk mata pelajaran matematika, siswa diharapkan mampu mengakumulasi pengetahuan dan mencapai kompetensi, yakni perpaduan pengetahuan, sikap serta ... -
Efektivitas Penggunaan Metode Resitasi dalam Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Medan
(2015-08-28)Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan metode resitasi efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Medan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ... -
Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Di Kelas VII Smp Swasta Tenera Langkat T.A 2014/2015.
(2015-08-29)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan di kelas dengan pengamatan dan melakukan refleksi sebagai bahan dasar untuk rancangan pebeajaran berikutnya. Pelaksaan dilakukan sebayak 2 kali putaran ... -
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DENGAN STRATEGI MOTIVASI ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION) YANG DIDUKUNG OLEH TEORI BELAJAR GAGNE DI KELAS VII SMP NEGERI 22 MEDAN
(2015-09-11)Berdasarkan tujuan kurikulum yang berlaku, setiap mata pelajaran termasuk matematika diharapkan mampu memahami konsep matematika dengan strategi agar memudahkan siswa dalam memahami matematika pada materi operasi penjumlahan ... -
Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Segitiga Di Kelas VII SMP Swasta Hang Tuah 2 T.A 2015/2016. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan.
(2015-09-11)Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Segitiga Di Kelas VII SMP Swasta Hang Tuah-2 T..A. ... -
Pengaruh model pembelajaran Trade A Problem dengan Reward terhadap kemampuan komunikasi siswa pada materi Sisitem Persamaan Linier Dua Variabel dikelas VIII SMP Dharma Bakti Padang Bulan
(2015-09-15)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Trade A Problem terhadap kemampuan komunikasi siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Di Kelas VIII SMP Dharma Bakti Padang ... -
PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN FAKTORISASI SUKU ALJABAR KELAS VIII SMP NEGERI 18 MEDAN T.A. 2015/2016
(2015-09-16)Pembelajaran matematika realistik juga merupakan teori pembelajaran yang bertitik tolak dari hal-hal real bagi siswa, menekankan keterampilan ‘ process of doing mathematics ‘, berdiskusi dan berkolaborasi, berargumentasi ... -
Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individually) pada materi Persamaan Linear Satu Variabel (PSLV) dengan menggunakan Alat Peraga Kartu Variabel di kelas VII SMP Negeri 18 Medan Tahun Ajaran 2015/2016
(2015-09-20)Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan apa saja yang dihadapi siswa dalam mempelajari materi aljabar dan upaya-upaya ... -
PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DEBATE DAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS DI KELAS VIII SMP PARULIAN 1 MEDAN T. A. 2016/2017
(2016-03-26)Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunkasi matematis siswa diajar dengan model pembelajaran debate dan model pembelajaran snowball throwing pada materi teorema phytagoras di kelas VII SMP ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Personalized System of Instruction (PSI) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Bangun Datar Segiempat di Kelas VII SMP Swasta Parulian 2 Medan T.P 2015/2016.
(2016-03-26)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh model pembelajaran Personalized System of Instruction(X) terhadap kemampuan pemahaman konsep (Y1) dan komunikasi matematis siswa (Y2). Jenis penelitian ini adalah ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Certainly Of Response Index Dengan Teknik Inside-Outside Circle Terhadap Pemahaman Konsep Matematika dan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP Negeri 22 Medan T. A. 2015/2016
(2016-07-11)Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Certainly of Response Index dengan Teknik Inside-Outside Circle Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Himpunan di ... -
Penerapan Model Pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) Berbasis LKS (LembarKerjaSiswa) UntukMeningkatkanKemapuanaPemahamanKonsepSiswaPadaMateriPersamaan Linier SatuVariabel Di Kelas VII SMP Negeri 1 PaneiTahunAjaran 2015/2016
(2016-07-21)Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipenerapan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) berbasis LKS dapat meningkatkankemampuanpemahamankonsepmatematikasiswakelas VII SMP negeri 1 Paneipadamateripersamaan ... -
Pengaruh Model Pembelajaraan Cooperative Learning Dengan Menggunakan Teknik Mencari Pasangan (Make A Match) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Fungsi Kelas VIII SMP Negeri 17 Medan T.A 2015/2016
(2016-07-23)Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dapat mengakibatkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran sehingga pemahaman konsep matematika siswa rendah, maka pendidik berupaya menggunakan model pembelajaran yang sesuai ... -
Penerapan Model Pembelajaran Hypnoteaching untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Pemecahan masalah Matematika Siswa dengan Bantuan Alat Peraga pada Kelas VIII SMPN 2 Percut Sei Tuan T.A. 2015/2016
(2016-08-11)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan di kelas dengan pengamatan dan melakukan refleksi sebagai bahan dasar untuk rancangan pebelajaran berikutnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian ... -
Pengaruh Model Snowball Throwing dengan Alur Teori Belajar Jerome Bruner Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi MatematisSiswa Pada Pokok Bahasan Balok Di Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Ajaran 2015/2016
(2016-08-11)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modelSnowball Throwing dengan alur teori belajar Jerome Bruner terhadap kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan balok di kelas VIII ... -
, Pengaruh Strategi Lightening The Learning Climate Dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kreativitas Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VII Di SMP Negeri 1 Hatonduhan.
(2016-08-11)Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Strategi Lightening The Learning Climate dengan menggunakan alat peraga terhadap kemampuan pemecahan Masalah Dan Kreativitas Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan ...