• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) Berbasis LKS (LembarKerjaSiswa) UntukMeningkatkanKemapuanaPemahamanKonsepSiswaPadaMateriPersamaan Linier SatuVariabel Di Kelas VII SMP Negeri 1 PaneiTahunAjaran 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    Riris Hotgun.pdf (369.4Kb)
    Date
    2016-07-21
    Author
    Damanik, Riris Hotgun
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipenerapan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) berbasis LKS dapat meningkatkankemampuanpemahamankonsepmatematikasiswakelas VII SMP negeri 1 Paneipadamateripersamaan linier satu variabel. Jenis penelitian iniadalahpenelitiantindakankelas. Subjekpenelitian: siswakelas VII-3 denganjumlah 30 orang danobjekpenelitian: penerapan model pembelajaranPBI (Problem Based Instruction) berbasis LKSuntukmeningkatkan kemampuan pemahamankonsepmatematikasiswakelas VII di SMP Negeri 1 Paneipadamateripersamaan linier satuvariabel. Teknikpengumpulan data denganmenggunakan lembar observasiuntuk melihat bagaimana model pembelajarandilaksanakandantesuntukmelihatkemampuanpemahamankonsepmatematikasiswa. Dari hasilanalisis data teshasilbelajardiperolehpadatesawalpresentasisiswayang tuntas 6,66 % meningkat pada siklus I menjadi 53,33% dan mengalami peningkat lagipadasiklus II menjadi 86,66% ataumengalamipeningkatansebesar 46,67% daritesawalkesiklus I, danpeningkatansebesar 33,33% darisiklus I kesiklus II. Padatesawalsiswa yang mencapaiketuntasanindividusebanyak 2 siswa, padasiklus I bertampamenjadi 16 danpadasiklus II bertambahlagimenjadi 26 siswaataupersentaseketuntasanindividupadatesawal41,22 %, siklus I menjadi68,287% danpadasiklus II menjadi 76,28% Dapat disimpulkanpenerapan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) Berbasis LKS dapatmeningkatkan kemampuan pemahamankonsep matematika siswakelas VII SMP Negeri 1 Paneipada materi persamaan linier satuvariabel. Hal iniberartibahwapenerapan model pembelajaranPBI (Problem Based Instruction) Berbasis LKSdapatdigunakansebagaialternatifdalampembelajaranmatematika.Dengan kata lain, model pembelajaranPBI (Problem Based Instruction) Berbasis LKSdapatdigunakansebagaialternatifpembelajaranuntukmeningkatkankemampuanpemahamankonsepmatematikasiswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/338
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback